Kemenhub Kucurkan Dana Keselamatan Transportasi Share this
Berita Mobil
Mode baca

Kemenhub Kucurkan Dana Keselamatan Transportasi

Syubhan Akib
oleh Syubhan Akib
pada 03 Desember 2015

JAKARTA - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Republik Indonesia menyiapkan dana besar demi mengurangi tingkat fatalitas di sektor transportasi. Kemenperin memiliki target pengurangan fatalitas di sektor transportasi sebesar 80 persen di tahun depan.

"Di tahun 2019 kami berusaha mengurangi fatalitas di jalan raya sebesar 50 persen dari angka 2014. Upayanya pasti sangat besar," kata Menteri Perhubungan Ignasius Jonan di Indonesia Road Safety Award (IRSA).

Target tersebut lebih cepat dari target yang sebelumnya dicanangkan pada 2035. Menurutnya, tahun 2035 masih terlalu lama dan dirinya sudah tua ketika di tahun itu baru diterapkan. Ia pun mengatakan targetnya pengurangan fatalitas sebesar dan secepat mungkin.

Untuk target tinggi itu, bila di periode pemerintahan sebelumnya dana hingga keselamatan transportasi dianggap sangat kecil, hanya sekitar Rp 1 triliun, Jonan ingin menaikkannya.

"Tahun depan apabila disetujui oleh rapat paripurna DPR, kami mengusulkan dana untuk keselamatan transportasi Rp 12 triliun. 25 persen dari total Dipa Kementerian Perhubungan akan digunakan untuk keselamatan transportasi, termasuk darat," lugasnya.

Agar target tercapai, Kementerian Perhubungan menurut Jonan siap bekerja keras. Rekomendasi infrasutruktur jalan bila tidak bagus maka tidak akan dikeluarkan. Petugas pun sudah diperintahkan untuk lebih banyak berada di lapangan dibanding di balik meja. [Syu/Idr]


Komentar