Kawasaki Kembangkan Motor Listrik Pakai Gigi Share this
Motor Konsep
Mode baca

Kawasaki Kembangkan Motor Listrik Pakai Gigi

Denny Basudewa
pada 11 November 2019

Foto: Kawasaki Ninja Electric

MILAN – Kawasaki Motor memamerkan kendaraan konsep yang menggunakan listrik, sebagai pemberi dayanya dan lebih jauh lagi memiliki gear untuk bisa melakukan perpindahan gigi.

Di EICMA 2019, brand sepedamotor yang identik dengan warna hijau tersebut mengeluarkan cukup banyak kendaraan inovatif. Sebut saja Ninja 250 empat-silinder, Z H2, Z900 hingga Ninja 1000SX mencuri perhatian para pengunjung pameran internasional tahunan itu.

Di samping kendaraan-kendaraan tersebut di atas, mereka menampilkan video yang menampilkan proyek terbarunya. Kawasaki tengah mengembangkan sebuah motor konsep bertenaga listrik. Kendaraan jenis sport tersebut memiliki keunikan karena telah dilengkapi dengan gear shift, sehingga penggunanya bisa melakukan perpindahan gigi, layaknya kendaraan bermesin konvensional.

Motor listrik yang dikembangkan oleh Kawasaki menggunakan baju (fairing) Ninja berbalut kelir serba hitam. Dalam video tersebut dipertontonkan bahwa kendaraan listrik satu ini, memiliki gear yang absen pada motor listrik pada umumnya.

Hal ini akan menjadi jawaban para speedfreak di seluruh dunia, di mana mengendarai motor listrik bisa sama menyenangkan layaknya motor bermesin konvensional. Konsumen tetap bisa berakselerasi dengan kendaraan listrik meskipun tetap tanpa suara.

Pada video berdurasi 1.51 menit tersebut tidak dijelaskan kapan Kawasaki Ninja Electric akan masuk jalur produksi. Yoshimoto Matsuda selaku Kawasaki Senior Manager R&D of the Innovation Departement, mengatakan telah mengerjakan proyek Ninja listrik sejak awal tahun 2000-an.

Ia juga menjelaskan bahwa pihaknya, menggunakan berbagai komponen yang ada pada produk terdahulunya seperti pemindah gear di Kawasaki Ninja ZX-6R. Mereka juga menghadirkan sistem pengereman yang bisa diaktifkan melalui ibu jari tangan kiri. [Dew/Idr]
 

 


Komentar