Inden Avanza kian Pendek, ADM Tambah Suplai untuk TAM Share this
Berita Mobil
Mode baca

Inden Avanza kian Pendek, ADM Tambah Suplai untuk TAM

Ary Dwinoviansyah
pada 16 April 2019

JAKARTA — PT Toyota Astra Motor (TAM) menjamin konsumen Toyota Avanza bakal mendapatkan unit lebih cepat dari sebelumnya.

Pencapaian Januari-Maret 2019 lalu, membuktikan bahwa popularitas Avanza tak pernah turun. Pada periode tersebut MPV (multi purpose vehicle) andalannya itu mencatatkan penjualan sebanyak 27.765 unit. Padahal, mobil ini sempat kalah dari pesaing terdekatnya yaitu Mitsubishi Xpander. 

"Sebenarnya, saat launching Avanza baru sudah diumumkan targetnya adalah 7.500 unit. Secara mathematic calculation, kami sudah di atas (kompetitor). Tapi, kami mengalami masalah suplai karena di Januari-Februari kami cuma terima 5.000 unit. Tapi, sejak Maret dan ke depan PT Astra Daihatsu Motor (ADM) sudah berkomitmen membantu dan sudah dibuktikan bulan lalu saat mereka memberi suplai 8.000 unit," kata Fransiskus Soerjopranoto, Executive General Manager PT TAM. 

Dengan begitu, Soerjo menyebut waktu tunggu untuk Avanza kini bisa lebih pendek. Jika sebelumnya sekitar 2 bulan, maka sekarang inden Avanza cukup sebulan saja. Menurutnya, PT TAM juga akan terus menjaga ketersediaan unit Avanza untuk konsumennya. 

"Ke depan, mereka (ADM) akan maintain. Bahkan, untuk momentum lebaran dan mereka juga sudah mengerti karena kami harus memanfaatkan itu," lanjut Soerjo saat berbincang di bilangan Menteng, Jakarta Pusat (14/4). 

Terkait penjualannya, Soerjo percaya keputusan masyarakat untuk membeli adalah karena popularitas Avanza itu sendiri. Seperti diketahui, Avanza menghadirkan sebuah kendaraan keluarga sejak 2004. Mobil ini juga dikenal punya harga jual kembali yang menguntungkan konsumen. Padahal, saat ini diskonnya dijaga berkisar Rp 15-20 juta.  

"Selain itu, didukung pula dengan layanan after sales di mana kami sudah punya 330 outlet di seluruh Indonesia. Jadi, itu yang membuat customer makin percaya untuk membeli Avanza," tutup Soerjo. [Ary/Idr] 


Komentar