Wow, Penjualan Avanza 3 Bulan Setara Semua Model Honda Share this
Berita Mobil
Mode baca

Wow, Penjualan Avanza 3 Bulan Setara Semua Model Honda

Insan Akbar
pada 10 April 2019

Foto: Toyota Avanza facelift meluncur pada Januari 2019. Penjualannya hingga Maret sudah berjumlah lebih dari 28 ribu unit, setara dengan penjualan seluruh model Honda di periode yang sama

JAKARTA - Toyota Avanza berhasil meningkatkan penjualannya pada tiga bulan pertama tahun 2019. Bahkan, capaiannya seorang diri setara dengan penjualan seluruh model Honda digabung.

Menurut data penjualan yang diberikan Fransiskus Soerjopranoto selaku Executive General Manager PT Toyota Astra Motor (TAM), Avanza mencatatkan wholesales (distribusi pabrik ke dealer) 28.725 unit. Volume ini, jika diperbandingkan data periode sama tahun lalu (year-on-year) yang dirilis oleh Gaikindo, naik 34,15 persen. Adapun performa retail low multi purpose vehicle (LMPV) ini adalah 27.765 unit.

“SPK (Surat Pemesanan Kendaraan) Avanza sejak meluncur sudah di atas 20 ribu unit,” ucap Soerjo melalui pesan singkat beberapa waktu lalu.

Toyota memperkenalkan Avanza facelift pada pertengahan Januari tahun ini. Pada Januari dan Februari wholesales-nya kurang maksimal karena merek ini perlu melakukan penyesuaian produksi ke model baru plus penghabisan stok model lama di pasar, meski SPK sudah lebih dari 17 ribu unit.

Suplai pada Januari dan Februari 2019 masing-masing sekitar 5.700 unit dan 6.000 unit. Produksi dan suplai baru normal.

Adapun harga Avanza terbaru berdasarkan informasi terkini di situs resmi Toyota Indonesia adalah Rp 191.100.000 hingga 239.450.000 on-the-road Jakarta.

Honda, di sisi lain, membukukan penjualan wholesales 28 ribuan unit untuk seluruh model. Tidak dipaparkan kontribusi bagi masing-masing.

“Penjualan kami sekitar 28 ribu unit, total dari Januari sampai Maret 2019,” ucap Yulian Karfili, Public Relations Manager PT. Honda Prospect Motor (HPM) menjawab pertanyaan Otospirit di sela seri pertama Honda Jazz and Brio Speed Challenge 2019 pada Minggu (7/4/2019) di Sirkuit Sentul, Bogor.

Ini berarti ada penurunan year-on-year lebih dari 22 persen. Pasalnya, di periode yang sama tahun lalu, Honda mendistribusikan 36.258 unit.

Pabrikan yang pada awal berdirinya pernah menjadi penyuplai komponen bagi Toyota di Jepang itu sendiri pada bulan pertama 2019 meluncurkan versi minor change dari Mobilio yang notabene kompetitor Avanza. Dengan harga masih sama, secara umum ubahannya hanya ada di sektor aksesoris dan head unit. [Xan/Ari]


Komentar