Xpander Masih Sangat 'Gurih', Terus Buru Penjualan Avanza Share this
Berita Mobil
Mode baca

Xpander Masih Sangat 'Gurih', Terus Buru Penjualan Avanza

Ary Dwinoviansyah
pada 16 April 2019

JAKARTA — Low Multi Purpose Vehicle (LMPV), Mitsubishi Xpander, membuktikan diri layak ditempatkan sebagai backbone penjualan PT Mitsubishi Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI).

Sejak meluncur 2017 silam, Xpander datang sebagai pilihan baru konsumen Tanah Air yang membutuhkan mobil keluarga. Antusias masyarakat juga positif di mana penjualannya langsung melejit. Bahkan, dalam waktu 18 bulan Xpander sudah terjual sebanyak 100 ribu unit. 

Pencapaian itu pun berlanjut pada pencapaian PT MMKSI pada periode Januari-Maret 2019. Melalui penghitungan secara retail, Mitsubishi Xpander sudah terjual 17.902 unit atau memiliki persentase 31,4% dari keseluruhan penjualan PT MMKSI yakni 34.100 unit. 

Meski demikian, torehan Xpander masih kalah jauh dibanding Toyota Avanza. Pada periode serupa, penjualan kompetitiornya itu sudah mencapai 27.765 unit. Padahal, penjualan Avanza di awal tahun (Januari 2019) sempat kalah dari Xpander. Kali itu, wholesales Avanza 5.568 unit sedangkan Xpander adalah 5.708 unit.

PT MMKSI tentu harus mencoba strategi lain guna mendongkrak produk tulang punggungnya itu. Kabarnya, akan ada kejutan dalam waktu dekat di pameran Indonesia International Motor Show (IIMS) 2019. Mereka menyatakan bakal merilis produk baru, walau belum diketahui apakah mobil itu adalah varian baru Xpander. 

Sementara dari segmen lain, produk Mitsubishi Motors diklaim memimpin pasar SUV (sport utility vehicle) melalui Pajero Sport 4x2 dan 4x4. Pada periode serupa, mobil ini sudah terjual secara retail sebanyak 471 unit. 

Sementara penjualan kendaraan niaga ringan Mitsubishi dari dealer ke konsumen juga positif yaitu 10,537 unit. Model pick up mereka, L300 juga disebut memimpin kelas small class 4x2 dengan pangsa pasar mencapai 76,7%. Sepanjang kuartal pertama 2019, L300 berhasil meraih penjualan sebanyak 6,802 unit. Diikuti pula oleh Triton dengan pangsa pasar 61,1%.

"Pada kuartal pertama tahun 2019, produk Mitsubishi Motors di Indonesia mendapatkan apresiasi yang sangat baik dari masyarakat, di mana Mitsubishi Xpander, Pajero Sport, Triton dan L300 berhasil mendominasi segmennya sejak Januari hingga Maret 2019. Ini juga telah mengantarkan MMKSI menjadi distributor no 1 dalam sales performance untuk penjualan Mitsubishi Motors Global pada April 2018 – Maret 2019. Kami berkomitmen untuk terus berupaya memperbaiki dan meningkatkan kualiatas layanan penjualan serta purnajual Mitsubishi Motors di Indonesia," ungkap Irwan Kuncoro, Director of Sales & Marketing Division PT MMKSI. 

Sebagai upaya mempermudah konsumen untuk mendapatkan layanan terbaik
Mitsubishi Motors, MMKSI terus memperluas jaringan dealer kendaraan penumpang dan niaga ringannya di seluruh Indonesia. Sejak bulan April 2019, telah beroperasi 143 dealer resmi kendaraan penumpang dan niaga ringan Mitsubishi Motors di seluruh Indonesia. Jumlah itu masih akan terus bertambah hingga 153 dealer hingga akhir Maret 2020. [Ary/Idr]


Komentar