Ducati Lengkapi Produknya dengan Teknologi Keselamatan Aktif Terbaru Share this

Ducati Lengkapi Produknya dengan Teknologi Keselamatan Aktif Terbaru

Ary Dwinoviansyah
pada 10 Januari 2019

LAS VEGAS - Prosesor yang ditanamkan pada sepedamotor Ducati ini memungkinkan pengendaranya memantau situasi lalu lintas yang tak mampu dijangkau oleh mata telanjang.

Ducati Motor Holding kembali melanjutkan studinya tentang keselamatan di jalan raya. Produsen asal Italia itu menyebut bakal memperlihatkan kembali kinerja proyek ConVeX (Connected Vehicle to Everything) ke hadapan pengunjung Consumer Electronic Show (CES) di Las Vegas, Amerika Serikat.

Berbeda dari pengujian tertutup di Jerman tahun lalu, kali ini Ducati tampak yakin bahwa terapan teknologi anyar itu bakal mendapatkan apresiasi positif. Apalagi, sistem keselamatan yang terpasang pada unit Ducati Multistrada 1260 itu bertujuan sebagai sarana komunikasi vehicle-to-vehicle (V2V), vehicle-to-pedestrian (V2P) hingga vehicle-to-infrastructure (V2I).

Menariknya, Ducati tidak sendirian dalam mengaplikasikan ConVeX tersebut karena Audi dan Ford juga turut terlibat di dalamnya. Jadi, mobil dan motor itu akan ditanami sebuah prosesor Qualcomm® 9150 agar dapat membaca serta memberikan informasi soal ketiga fungsi di atas.

Pengaplikasian ConVeX di mobil Audi.

Dengan begitu, pengendara motor Ducati maupun mobil Audi atau Ford bakal mengetahui informasi lalu lintas di depan atau sekitarnya. Seperti perempatan jalan, pejalan kaki dan pesepeda yang rentan menjadi korban di jalan raya hingga infrastruktur sampai kondisi jalanan ketika berkendara. Semua fungsi tersebut disajikan melalui fitur Intersection Movement Assist (IMA). Dan, semua kinerja ConVeX itu bakal diuji langsung pada ajang CES 2019.

"Demonstrasi ini mereplikasi situasi di mana penggunaan teknologi canggih dapat secara signifikan meningkatkan keselamatan pengendara sepeda motor. Sistem komunikasi langsung C-V2X adalah salah satu proyek utama dari Ducati 2025 Safety Road Map," kata Pierluigi Zampieri, Ducati Motor Holding Innovation Manager.

Bahkan, ada kabar bahwa ke depannya Ducati bakal memiliki radar di bagian depan dan belakang. Realisasinya digadang terjadi 2020 mendatang. [Ary/Ari]


Komentar