Dovizioso Akhirnya Menang di MotoGP Valencia Share this
MotoGP
Mode baca

Dovizioso Akhirnya Menang di MotoGP Valencia

Ary Dwinoviansyah
oleh Ary Dwinoviansyah
pada 18 November 2018

Foto: Andrea Dovizioso pertama kali memenagkan MotoGP Valencia.

VALENCIA - Andrea Dovizioso menyudahi balapan gila di MotoGP Valencia, Spanyol sebagai pemenang. Sekaligus pula menorehkan prestasi baru untuknya di Sirkuit Ricardo Tormo tersebut.

Meski tak lagi menentukan hasil akhir, jalannya pertarungan di seri pamungkas ini tetap berlangsung menarik. Walau bersaing dalam guyuran hujan, para pembalap tak sedikit pun mengendurkan tekanan sehingga cukup banyak pembalap terjatuh. Marc Marquez, Jack Miller, Danilo Petrucci hingga Maverick Vinales yang tengah berjuang naik podium pun harus tersungkur.

Memasuki lap 14, pimpinan balap menginstruksikan red flag sebagai penanda balapan dihentikan. Balapan pun dimulai kembali dengan starting grid mengikuti posisi balapan di lap 13. Alex Rins yang ada di urutan terdepan tak sanggup meredam kecepatan Dovizioso. Pembalap Ducati Corse itu pun langsung meninggalkan pembalap Suzuki Ecstar dengan gap cukup jauh.

Bahkan, Valentino Rossi berhasil menyusul Rins untuk merebut posisi kedua. Urutan pembalap terdepan sepertinya tak akan berubah hingga akhir balapan. Tapi, Rossi terjatuh di T12 saat balapan menyisakan 5 lap lagi.

Alhasil, Rins bisa mengamankan lagi posisi kedua di seri ini. Keberuntungan juga berada di pihak Pol Espargaro setelah berhasil mengatasi perlawanan Dani Pedrosa. Bagi Pol, podium ini sangat berarti karena menjadi podium pertama untuk tim KTM di MotoGP 2018.

Sementara bagi Dovizioso kemenangan tersebut merupakan prestasi tersendiri baginya. Pasalnya, sejak berlaga di MotoGP 2008 silam Ia belum pernah menaiki podium pertama Sirkuit Ricardo Tormo. Artinya, butuh 11 tahun bagi Dovi untuk menjuarai MotoGP Valencia.

"Ini adalah balapan yang gila. Di balapan pertama saya tidak punya perasaan yang bagus dan tidak bisa mengikuti Rins, beruntung saya tidak jatuh. Tapi di balapan kedua kami melakukan beberapa ubahan," kata Dovizioso.

Selain itu, Dovi juga mengaku nyaman dengan penggunaan ban baru di paruh kedua tadi. Dengan begitu, Ia bisa menekan sesuai kemauannya dan bisa jauh meninggalkan para lawan.

Balapan tadi juga diakui Rins luar biasa sekaligus gila. Walau tak bisa mengulang kepemimpinannya di balapan pertama, Rins merasa cukup puas dengan pencapaiannya di MotoGP Valencia kali ini. [Ary/Ari]

Hasil MotoGP Valencia, Spanyol:

MotoGP Valencia Result


Komentar