Boss Honda Sebut Freed 1.0-Liter Turbo Tak Cocok di Indonesia Share this
Mobil Baru
Mode baca

Boss Honda Sebut Freed 1.0-Liter Turbo Tak Cocok di Indonesia

Muhammad Ikhsan
oleh Muhammad Ikhsan
pada 26 Mei 2016

Foto: Honda Freed akan tersedia mesin 1.0-liter Turbo

BANDUNG - Honda tengah menyiapkan generasi terbaru Honda Freed untuk diluncurkan akhir tahun 2016 di Jepang. Santer diberitakan bahwa model barunya akan tersimpan mesin 1.0-liter VTEC Turbo, selain mesin kapasitas 1.5-liter VTEC.

Bahkan, kabar Honda Freed 1.0-liter Turbo ini sudah banyak diberitakan oleh media-media Jepang, dan menyebutkan Freed dengan daya tampung enam-penumpang itu akan lebih agresif jika dipasok mesin tersebut, dan tetap hemat konsumsi BBM.

Mesin 1.0-liter Turbo itu adalah turunan dari mesin 1.5-liter, dengan tenaga yang dihasilkan setara mesin di atasnya yang disertai minim getaran.

Menanggapi rumor tersebut, Tomoki Uchida selaku Presiden Direktur PT Honda Prospect Motor (HPM) menanggapi dingin. Pria asal Jepang yang ditemui wartawan otomotif di sela-sela test drive all-new Honda Civic Turbo di Bandung mengatakan secara tegas bahwa Honda Freed 1.0-liter Turbo tidak cocok untuk pasar otomotif Indonesia.

"Freed menawarkan desain stylish namun tetap fungsional layaknya MPV biasa pada umum. Saya rasa tidak cocok dengan mesin 1.0-liter di Indonesia," kata Tomoki.

Kehadiran Freed 1.0-liter VTEC Turbo tentu menjadi hal baru bagi konsumen Honda Freed. Namun, Ia menjelaskan hadirnya Freed mesin turbocharged yang lebih kecil mungkin cocok untuk Jepang, tapi belum tentu di Indonesia jika memang benar Freed 1.0-liter VTEC Turbo benar-benar tersedia.

Tomoki sendiri tidak secara terbuka menyebutkan Honda sedang menyiapkan Freed 1.0-liter VTEC Turbo. Sebab masih menjadi rahasia Honda dalam menyediakan berbagai produk unggulan untuk konsumen di dunia. [Ikh/Idr]


Komentar