Bose Hadirkan Revolusi Suspensi Mobil Share this

Bose Hadirkan Revolusi Suspensi Mobil

Denny Basudewa
pada 22 Mei 2018

Foto: Bose Suspension

BOSTON – Bose menghadirkan revolusi suspensi mobil yang dinamakan Project Sound. Perangkat yang diciptakan sejak 30 tahun lalu, diangkat kembali dan siap dipasarkan oleh ClearMotion.

Bose yang kita kenal selama ini adalah produsen perangkat audio. Manufaktur asal Amerika Serikat tersebut kerap ditemui pada brand mobil mewah dunia. Perusahaan yang ditemukan oleh Amar Bose sejak 1964, menghasilkan Rp 53 triliun pada 2017.

Bose menciptakan revolusi suspensi mobil dengan nama Project Sound pada tiga dekade silam. Proyek tersebut memungkinkan kendaraan tetap berjalan normal, meskipun melalui kondisi jalan bergelombang hingga rusak sekalipun.

Sayangnya teknologi ini tidak pernah muncul ke permukaan. Dengan kata lain Bose tidak pernah memproduksi inovasinya tersebut. Sebuah startup bernama ClearMotion membuat suspensi berteknologi canggih ini segera menjadi kenyataan dengan nama ActiValve.

ClearMotion menggandeng Qualcomm dan Bridgestone untuk membuat teknologi suspensi revolusioner, menjadi kenyataan dan diproduksi secara masal. Dalam perkembangannya mereka kemungkinan menyiapkan peredam kejut ini untuk mobil otonom.

Mobil pintar yang tidak membutuhkan pengemudi tersebut, diharapkan memberikan pengalaman berbeda dari biasanya. Sehingga penumpang dari mobil otonom dapat melakukan berbagai kegiatan seperti bekerja dalam kendaraan.

Dikatakan bahwa Bose menggunakan suspensi MacPherson struct yang dimodifikasi. Mereka mengganti pegas dan shock yang dianggap traditional dengan magnet, motor penggerak dan sistem pengaturan.

Bose menciptakan suspensi proaktif dengan fitur untuk membaca jalan yang akan dilalui kemudian bereaksi. Hasilnya kendaraan akan melaju dengan sangat halus dengan gerakan yang sangat minim. Suspensi ini juga menghilangkan gejala bodi roll ketika bermanuver. [Dew/Ari]


Komentar