Qualcomm Rilis Prosesor 5G Snapdragon 768G Share this
Gadget
Mode baca

Qualcomm Rilis Prosesor 5G Snapdragon 768G

Ahmad  Richad
pada 13 Mei 2020

Foto: Ilustrasi Prosesor Qualcomm Snapdragon 768G

CALIFORNIA - Setelah lama dinanti akhirnya Qualcomm resmi merilis prosesor terbarunya dari seri Snapdragon 7xx, yakni Snapdragon 768G.

Penerus dari Snapdragon 765G ini dirancang khusus untuk memberikan performa kelas atas, tidak hanya itu chipset ini juga akan mendukung game dengan integrasi 5G global, AI canggih, dan fitur Qualcomm Snapdragon Elite Gaming tertentu.

Jika dibandingkan dengan Snapdragon 765G, chipset 768G menawarkan CPU Qualcomm Kryo 475 Prime core clock berkecepatan hingga 2,8 GHz, ditingkatkan dari 2,4 GHz. 

Tetapi komponen GPU yang digunakan pada SoC ini tetap sama dengan Snapdragon 765G, yakni Adreno 620. Namun, GPU Adreno 620 pada chipset tersebut telah ditingkatkan kecepatannya dari 625 Mhz ke 750 Mhz.

Pihak Qualcomm mengklaim bahwa prosesor terbarunya Snapdragon 768G akan menawarkan peningkatan performa hingga 15 persen. Tidak hanya itu, SoC ini menjadi prosesor pertama dengan driver GPU yang bisa diperbarui.

Selain berbagai peningkatan tersebut, Snapdragon 768G juga dirancang untuk memberikan performa gaming superior, konektivitas 5G, dan kemampuan-kemampuan multikamera pintar, serta mampu menjaga konsumsi daya baterai. 

Jika digunakan untuk kegiatan gaming, Qualcomm sudah menyematkan fitur Snapdragon Elite Gaming, dengan fitur ini Snapdragon 768G diklaim mampu memberikan optimisasi dan ekstensi game khusus, dan mampu menyuguhkan permainan lebih lancar, gambar detail serta warna semakin terperinci. Fitur ini juga menghadirkan keakuratan 10-bit HDR.

Sebagai informasi, prosesor baru dari Qualcomm ini sudah digunakan oleh smartphone terbaru Xiaomi, yakni Redmi K30 Racing Edition. Ponsel tersebut dibekali oleh layar 120Hz, kamera utama 64MP, dan tentu saja kemampuan gaming maksimal. [Ric/Idr]


Komentar