Surganya Gaming, MediaTek Rilis Chipset Helio G35 & G25 Share this
Gadget
Mode baca

Surganya Gaming, MediaTek Rilis Chipset Helio G35 & G25

Ahmad  Richad
pada 01 Juli 2020

Foto: Ilustrasi Chipset Helio G35 dan G25

TAIWAN -  Perusahaan semikonduktor asal Tiongkok, MediaTek resmi memperkenalkan dua jajaran chipset gaming terbaru mereka yakni Helio G35 dan G25.

Kedua chipset ini diklaim MediaTek mampu membuat smartphone memiliki performa gaming yang lebih cepat dan lancar, efisiensi daya, serta grafis yang lebih smooth. Hal ini dikarenakan kedua chip tersebut sudah dibekali dengan teknologi MediaTek HyperEngine.

“MediaTek Helio G25 dan G35 menawarkan fitur-fitur ponsel premium yang sudah ada di lini seri G kami lainnya, termasuk efisiensi daya yang lebih tinggi, kinerja optimal, permainan yang lebih mulus, dan fotografi lebih baik,” kata Dr. Yenchi Lee, Deputy General Manager, Wireless Communications Business Unit MediaTek.

MediaTek Rilis Chipset Helio G35 & G25

Untuk spesifikasinya, chipset terbaru besutan MediaTek ini ditenagai dengan CPU Arm Cortex-A53, beroperasi hingga 2 GHz untuk MediaTek Helio G25 dan 2,3 GHz untuk G35.

Sedangkan GPU yang digunakan yaitu IMG PowerVR GE8320, dengan kecepatan hingga 650 MHz untuk G25 dan 680 MHz untuk G35. Berkat proses fabrikasi 12 nm, chipset ini juga menawarkan efisiensi yang lebih baik.

Sementara untuk kemampuan photography, chipset Helio G25 sudah mendukung kamera tunggal hingga 21 MP di 30 fps, sementara G35 mampu mendukung sensor kamera hingga 25 MP dengan semua fitur kamera termasuk AI dan efek bokeh.

Keduanya juga dibekali fitur Electronic Image Stabilization (EIS) dan Rolling Shutter Compensation (RSC) secara pintar mengurangi video melengkung (‘efek jello’) ketika merekam aksi cepat atau video panning.

Di sektor jaringan, kedua chipset ini sudah mendukung SIM 4G ganda, yang memungkinkan perangkat melakukan panggilan VoLTE/ViLTE di kedua koneksi. 

Meskipun baru dirilis, beberapa smartphone sudah menggunakan chip Mediatek G25 dan G35, seperti Realme C11 dengan Helio G35 yang baru dirilis dan Redmi 9A dengan chipset Helio G25. [Ric/Idr]


Komentar