BMW F 900 R dan F 900 XR Serupa Tapi Tak Sama Share this
Motor Baru
Mode baca

BMW F 900 R dan F 900 XR Serupa Tapi Tak Sama

Denny Basudewa
pada 06 November 2019

MILAN – BMW Motorrad meramaikan pasar motor kelas menengah dengan meluncurkan F 900 R dan F 900 XR.

Motor yang bergenre Adventure Sport ini menawarkan kesenangan berkendara nan sporty, handling sempurna dan pilihan unik pada opsi aksesorinya. Kedua motor ini dikatakan menggunakan basis yang sangat kuat, meskipun terlihat serupa namun masing-masing memilki karakter dan positioning berbeda.

BMW F 900 R dikatakan merupakan sebuah roadster nan dinamis yang bisa menyampaikan kebebasan dan gaya hidup modern. Pada suatu titik emosional, desain motor yang lebih gaya, berpadu dengan mesin berperforma.

Selain itu, ada beberapa aspek yang membuat kendaraan ini sangat nyaman digunakan setiap hari dan ergonomis. Membuat F 900 R sangat mumpuni untuk pengendara pemula maupun preofesional sekalipun tetap menyenangkan.

Sementara BMW F 900 XR tampil lebih sporti dengan mengusung kemampuan touring tanpa kompromi. Berkaca dari BMW S 1000 XR, pabrikan asal Jerman tersebut melebarkan sayapnya dengan membuat tiruannya dengan dimensi yang sedikit lebih kecil.

Sebagai sepedamotor bergaya petualang sporti, F 900 XR tidak hanya mengandalkan nilai ergonomis sebuah kendaraan, namun tetap memberikan kenyamanan saat melakukan touring jarak jauh baik pengendara maupun penumpang. Desainnya juga seolah menunjukkan sebagai sosok motor yang memiliki karakter kuat.

Kedua BMW F 900 telah dibekali dengan berbagai fitur terkini dan juga terdapat beberapa opsional. Fitur yang menjadi standar pada motor ini mencakup konektivitas dan semua lampu LED. Adapun pilihan lainnya adalah  Adaptive Cornering Light, Keyless Ride, Dynamic ESA, Riding Modes Pro, Shift Assistant Pro, Intelligent Emergency Call, ABS Pro, MSR, DTC, DBC, RDC.

Mesin yang diusung keduanya merupakan hasil pengembangan dari F 850 GS yakni, dua-silinder segaris yang pertama kalinya diperkenalkan pada 2018. Jantung mekanis ini mampu menghasilkan daya maksimum sebesar 105 hp. BMW Motorrad melakukan rekayasa di ruang bakar dipadukan dengan sistem pembuangan di bagian bawah, sehingga menghasilkan suara yang lebih merdu.

F 900 XR mampu menampung bahan bakar lebih banyak (15.5 liter), sementara F 900 R bisa membopong 13 liter. Sedangkan urusan kaki-kaki, F 900 R diberikan suspensi sedikit lebih sporty dengan jarak travel per lebih pendek. Sementara F 900 XR memiliki jarak travel per lebih panjang yang membuat lebih nyaman diajak jalan jauh. [Dew/Idr]


Komentar