BMW S1000XR Masuk Indonesia, Harga Lewati Rp 700 Juta Share this
Motor Baru
Mode baca

BMW S1000XR Masuk Indonesia, Harga Lewati Rp 700 Juta

Denny Basudewa
pada 27 April 2020

Foto: BMW S 1000 XR

JAKARTA – BMW Motorrad Indonesia memperkenalkan BMW S 1000 XR buat mereka yang doyan touring.

Sejak pertama kali muncul di hadapan publik pada EICMA 2019, motor dengan konsep sport touring ini menggugah selera para penggemar touring di seluruh dunia. Bobotnya yang lebih ringan daripada S 1000 RR yang menjadi basis pengembangannya. Disebutkan bobotnya secara keseluruhan menciut sebanyak 10 kilogram.

Kuda besi ini ditanamkan mesin 999 cc 4-silinder segaris yang sama persis dengan S 1000 RR. Tenaga yang dihasilkan 165 hp pada 11.000 rpm, sementara torsi puncaknya mencapai 112 Nm pada 9.250 rpm. Satu fitur yang absen pada dapur pacunya adalah shiftcam, dikarenakan penggunaannya lebih ke jalan raya bukanlah balapan seperti S 1000 RR.

Kurva torsi diubah agar menjadi lebih flat dengan gearbox transmisi 6-percepatan yang telah dioptimalkan. Gigi ke-4, ke-5 dan ke-6 sekarang memiliki rasio lebih panjang untuk mengurangi kebisingan, konsumsi bahan bakar dan tingkat kecepatan mesin.

Sistem transmisi constant-mesh 6-percepatan tersebut menggunakan tipe kopling multiplate in oil bath, anti-hopping clutch, mechanically controlled dan didukung oleh Gearshift Assistant Pro. Fitur terakhir mendukung penggunanya dalam mengoper gigi tanpa menekan tuas kopling.

Hadirnya fitur Dynamic ESA (Electronic Suspensio Adjustment), memungkinkan pengendara memilih setelan suspensi antara Road dan Dynamic, sesuai kebutuhan. S 1000 XR juga dilengkapi DBC (Dynamic Brake Control) sehingga membantu pengendara saat melakukan manuver pengereman.

Untuk mendukung aktivitas touring, BMW Motorrad menyematkan tangki bahan bakar yang cukup besar. Motor ini dikatakan mampu menampung bahan bakar hingga 20 liter. Ini menambah kenyamanan pengendara saat melakukan perjalanan jauh yang minim SPBU.

BMW S 1000 XR sudah dibekali dengan supensi Upside-down telescopic fork Ø 46 mm, compression and rebound stage adjustable untuk bagian depan. Sementara bagian belakang menggunakan alluminium double-sided swing-arm, central spring strut, electronic preload adjuster, electronic self-adjusting rebound/compression damping (Dynamic ESA Pro).

Dari sisi pengereman, BMW S 1000 XR dibekali dengan Twin disc brake, Radial 4-piston fixed calipers, diameter 320 mm untuk bagian depan. Sementara bagian belakang menggunakan single disc brake, diameter 265 mm, twin-piston floating calliper.

Sistem pengereman ABS Pro berfungsi untuk mencegah roda terkunci saat melakukan pengereman ketika menikung dan mengurangi risiko kecelakaan. Sistem pengereman juga didukung dengan Dynamic Traction Control (DTC) yang memungkinkan pengendara mengendalikan motor ini di berbagai kondisi berkendara.

Motor ini diklaim cocok untuk para petualang yang kerap melakukan touring jarak jauh. Karakter berkendara dari motor ini layaknya motor sport namun tetap memegang teguh kenyamanan berkendara. BMW S 1000 XR dipasarkan di Tanah Air oleh Maxindo Moto dengan harga Rp 719 juta off-the-road. [Dew/Idr]


Komentar