Berkendara saat Puasa jadi Berfaedah, Lakukan Hal Ini Share this
Tips
Mode baca

Berkendara saat Puasa jadi Berfaedah, Lakukan Hal Ini

Ary Dwinoviansyah
pada 15 Mei 2019

JAKARTA — Berkendara saat berpuasa memberikan tantangan tersendiri. Selain menahan lapar dan haus, bikers juga dituntut berperilaku baik serta menjaga emosi. 

Ketika tidak di bulan Ramadan saja rasanya cukup sulit menjaga perilaku di jalan raya. Saat puasa seperti sekarang ini pun demikian. Apalagi, saat menemui kemacetan di mana emosi akan mudah sekali tersulut. 

Terlebih jika Anda melihat perilaku pengendara lain yang kurang tepat. Misalnya, menyerobot jalanan, melawan arus bahkan menggunakan trotoar. Kejadian ini kerap kali terlihat saat menjelang berbuka puasa. Tentu hal itu adalah tindakan yang salah dan seharusnya para bikers sadar akan kepentingan bersama, termasuk menghargai hak pengguna jalan lainnya.  

"Salah satu cara mencegahnya adalah dengan selalu berpikir positif terhadap para pengendara lain dan mengedepankan toleransi," kata Johanes Lucky, Instruktur Safety Riding PT Astra Honda Motor (AHM).

Lebih lanjut, Johanes juga menyarankan kepada para pengendara sepedamotor untuk bisa memanfaatkan peta digital dari smartphone. Selain bisa melihat situasi lalu lintas jalan yang akan dilalui, Anda pun dapat mencari jalur alternatif supaya waktu berkendara lebih efisien. 

"Untuk daerah yang belum pernah didatangi, sebaiknya para pengendara pelajari situasi jalanan agar tidak membuang waktu kerena tersesat dan membuat berkendara menjadi lebih lama," lanjutnya. 

Cara ini juga bisa dilakukan jika Anda ingin pergi ke kantor atau ke tempat lain. Selanjutnya, bagian tak kalah penting adalah menfaatkan waktu beristirahat. Bagi orang yang berpuasa, sangat normal apabila mengalami rasa kantuk di pagi hari karena waktu tidurnya terpangkas untuk sahur. Jika terjadi saat berkendara, sebaiknya beristirahat terlebih dulu untuk mengembalikan konsentrasi. 

Pilihan makan saat sahur yang baik juga penting. Memakan makanan penuh nutrisi seperti sayur dan buah sangat baik untuk menjaga stamina tubuh. Tak lupa pula konsumsi air mineral guna mencegah terjadinya dehidrasi pada tubuh selama menjalankan ibadah puasa. Jangan lupa juga untuk  menggunakan jaket, helm dan sarung tangan serta membawa kelengkapan surat berkendara. [Ary/Idr] 


Komentar