Nyetir Pakai Kacamata Hitam, Mata lebih Awas Share this
Tips
Mode baca

Nyetir Pakai Kacamata Hitam, Mata lebih Awas

Ary Dwinoviansyah
oleh Ary Dwinoviansyah
pada 31 Mei 2019

JAKARTA — Menggunakan kacamata hitam atau sunglass tak hanya meningkatkan kegantengan maupun kecantikan seseorang ketika mengemudi. Melainkan juga berperan penting meningkatkan keselamatan selama berkendara.  

Cuaca panas sekarang ini tentu memberikan tantangan tersendiri bagi pemudik yang memilih perjalanan di pagi atau siang hari. Mengenakan kacamata hitam pun menjadi pilihan utama pengemudi agar mata tidak silau. Baik dari pantulan sinar matahari ke kap mobil, jalanan, maupun mengarah langsung ke mata.

Ricky Safir, Oakley Sport Marketing Manager mengatakan menggunakan kacamata hitam sangat disarankan. Itu lantaran sinar ultra violet dari matahari dapat merusak kesehatan mata seperti kelopak mata. 

"Ada bagian mata lain yang bisa rusak seperti kornea, lensa dan retina juga. Kacamata hitam berfungsi untuk melindungi mata dari paparan sinar UV. Sehingga, terhindar dari dampak buruknya terhadap mata kita," kata Ricky kepada Otosipirit.com

Ditambahkan pula olehnya, pemakaian kacamata hitam dapat mencegah terjadinya penyakit mata. Namun, paing penting adalah kacamata hitam dapat membuat penggunanya lebih jelas melihat obyek. 

"Hal ini membuat pengemudi jadi lebih awas dan nyaman selama berkendara. Pemilihan warna juga sangat berpengaruh karena warna lensa memberikan efek warna yang masuk ke penglihatan kita. Untuk itu, warna lensa yang direkomendasikan saat berkendara adalah PRIZM ROAD seperti dimiliki Oakley. Teknologi pada kacamata Oakley ini dapat meningkatkan kontras warna yang dibutuhkan saat berkendara serta mengurangi warna yang tidak diperlukan," papar Ricky lagi. 

Dengan mengedepankan PRIZM ROAD tadi, Ricky mengatakan pengguna kacamata hitam Oakley akan tetap responsif meski berkendara di bawah terik matahari. Tapi, hal ini juga turut dipengaruhi oleh kualitas kaca film serta tingkat kegelapannya. 

"Lalu, pilih kacamata yang nyaman. Seperti gagang tidak menekan pelipis, nosepad tidak menekan hidung dan intinya relatif ringan. Sebaiknya juga harus cocok dengan wajah. Selain itu, biar lebih awet hindari dari paparan zat kimia seperti dari parfum, hairspray, gel rambut dan lain-lain. Apabila terkena air hujan atau keringat, siram kacamata dengan air mineral lalu diangin-anginkan sampai kering dan lap sebelum disimpan. Jangan lupa untuk menaruhnya di tempat kering (tidak di bawah sinar matahari langsung) untuk mengurangi kelembaban yang berdampak pada kerusakan lensa kacamata hitam," tutup Ricky. [Ary/Idr] 


Komentar