Ternyata, 4 Komponen Motor ini Jadi Santapan Empuk Cuaca Panas Share this
Tips
Mode baca

Ternyata, 4 Komponen Motor ini Jadi Santapan Empuk Cuaca Panas

Ary Dwinoviansyah
pada 27 Mei 2019

JAKARTA —  Bikers dituntut lebih telaten merawat motor karena ada beberapa komponen yang menjadi 'musuh' terlebih saat cuaca panas. 

Anda yang beraktivitas dengan sepedamotor selama berpuasa juga wajib memerhatikan kondisi kendaraan. Bayangkan jika Anda mengalami bocor ban, tentu akan menguras tenaga karena harus mendorong motor sembari mencari tempat tambal ban. 

Untuk itu, sebaiknya perhatikan keadaan ban dengan seksama. Pasalnya, kualitas ban akan cepat menurun apabila terkena suhu panas terus menerus. Salah satu contohnya munculnya retakan pada tapak ban sebagai bukti ban getas. Jika sudah demikian, Penggantian ban baru menjadi solusi utama.

Kalau ban motor Anda belum getas, penting untuk memeriksa tekanan angin. Reza Rezdie Shahertian, Technical Training PT Astra Honda Motor (AHM) menyebut suhu panas mengakibatkan tekanan angin bisa berubah-ubah. Hal ini tentu akan membuat kenyamanan berkendara jadi berkurang. 

"Itu dapat diatasi dengan melakukan pengecekan tekanan angin sesering mungkin atau setidaknya sebelum berkendara. Sesuaikan tekanan angin dengan standar yang ditentukan pabrikan," kata Reza. 

Para pengguna sepedamotor bebek atau sport harus lebih jeli karena panas juga dapat merusak rantai motor. Reza menyebut panas dapat membuat pelumas pada rantai mengering dengan cepat. Dengan begitu, kinerjanya menjadi tidak maksimal dan akan bunyi rantai menjadi cenderung kasar. Apabila dibiarkan terlalu lama, maka rantai akan kaku. 

"Itu dapat dihindari dengan melakukan pemeriksaan dan perawatan berkala, seperti melumasi rantai dengan Chain Lub yang direkomendarikan serta atur kekenduran rantai pada stiker swing arm motor," lanjut Reza.

Saat kondisi panas berkepanjangan, biker juga perlu memeriksa kondisi bearing roda atau sering disebut klaher. Selain sering melewati jalanan yang rusak, suhu panas juga dapat mengakibatkan pelumas bearing dan seal mengeras, akibat memuainya kedua komponen tersebut.

Ciri-cirinya, roda depan tidak berputar secara halus dan terdengar bunyi. Salah satu solusinya adalah mengganti seal bearing serta tambahkan pelumas atau gemuk pada roda-roda bearing motor. 

Terkahir, perawatan body motor di cuaca panas seperti ini juga wajib. Itu karena warna body motor akan menurun jika terkena sinar matahari berkepanjangan. Terlebih jika Anda memarkirkan sepedamotor tanpa atap. untuk menjaganya, cucilah motor secara rutin dengan menggunakan sabun khusus kendaraan bermotor terpercaya di pasaran. [Ary/Idr] 


Komentar