Tips Mengendarai Moge, Kenali Dulu Karakternya Share this
Tips
Mode baca

Tips Mengendarai Moge, Kenali Dulu Karakternya

Ary Dwinoviansyah
oleh Ary Dwinoviansyah
pada 26 Februari 2019

JAKARTA - Ada empat cara yang harus diketahui dengan baik sebelum Anda memutuskan membeli dan mengendarai motor gede alias moge. 

Menjadi kebanggaan tersendiri ketika bisa mengendarai moge di jalan raya. Namun, beberapa hal harus dipahami utamanya bagi pemilik baru. Mengingat moge sendiri punya tubuh dan bobot tidak ringan, ditambah kapasitas mesin besar dan harganya setara mobil.

Kondisi seperti ini bisa ditemui pada motor-motor buatan Triumph Motorcycles. Kuda besi asal Inggris itu bahkan punya berat sekitar 200 kg dan salah satu contoh mesin besarnya terlihat pada Triumph Scrambler 1200 XE yang dibekali mesin 1.200 cc. 

Untuk itu, PT GAS Triumph Motorcycles merasa perlu mengadakan kegiatan safety riding bagi konsumennya. Kegiatan ini pun sudah dilakukan sejak tahun lalu. Apalagi, Hari Triaji selaku Presiden Direktur PT GAS Triumph Motorcycles mengatakan pembeli motor Triumph ini cukup beragam.

Misalnya dari segi umur, Hari atau akrab disapa Triwil mengatakan pembeli motor Triumph beragam mulai dari 25-50 tahun. Selain itu, ada konsumen yang sebelumnya sudah memiliki motor. Tapi, kapasitas mesinnya mungki berbeda. Artinya, karakter motor juga tidak akan sama. 

"Pada dasarnya, setiap pembeli motor Triumph itu kami perkenalkan mengenai bagaimana mengendarai motor yang baik. Ini ada juga karena pembeli yang belum pernah naik motor dan sekedar ingin punya saja," kata Triwil kepada Otospirit.com

Makanya, pada kegiatan safety riding tersebut pemilik langsung mempraktekkan bersama tunggangannya. Tujuannya adalah agar mereka bisa mengendarai dan mengenal karakter motornya sendiri. Bicara soal karakter, motor-motor ber-cc besar cenderung liar dengan tenaga dan torsi besar. 

"Makanya, pemilik harus belajar cara membuka gas yang benar. Selanjutnya adalah mengetahui teknik cara menikung dan mengatasi kondisi terdesak. Contohnya, ketika menikung ada kendaraan di depan mengerem tiba-tiba. Anda harus tahu bagaimana cara menghindarinya karena bobot motor cukup berat. Terakhir adalah posisi berhenti karena beberapa moge punya ground clearance tinggi," papar Triwil. 

Menurutnya, kegiatan safety riding ini selalu dinantikan para konsumennya. Apalagi, PT GAS Triumph Motorcycles juga melibatkan pihak kepolisian sebagai instruktur. Bahkan, Triwil yang memang gemar naik moge pun kerap kali melakoni tugas tersebut. [Ary/Ari]


Komentar