5 Tips Berkendara Sehat Saat Covid-19 Share this
Berita Mobil
Mode baca

5 Tips Berkendara Sehat Saat Covid-19

Ahmad  Richad
pada 11 April 2020

JAKARTA - Di tengah maraknya penyebaran wabah virus Corona (Covid-19). Masyarakat dituntut untuk selalu menjaga kebersihan, mengingat penyebaran virus ini begitu cepat. 

Budaya kebersihan itu juga diharapkan dapat diterapkan saat berkendara, karena meskipun berada di dalam kabin ber-AC bukan menjadi ada jaminan akan terbebas dari virus ini. Nah, berikut tips dari Garda Oto agar tetap aman dari virus Corona saat mengemudi mobil.

1. Bersihkan Komponen Mobil yang Sering Disentuh

Ada beberapa titik di mobil yang menjadi tempat favorit keberadaan virus, seperti stir mobil, tombol audio, tombol power window, handle pintu, dan sabuk pengaman. 

Untuk itu pemilik mobil, harus rajin membersihkan komponen-komponen tersebut, mengenai caranya bisa menggunakan air yang sudah dicampur dengan sabun, lalu sikat perlahan dengan sikat gigi, setelah itu dilap bersih dengan kain microfiber.

2. Cuci Tangan Sebelum dan Sesudah Menyetir

Setelah mensterilkan komponen-komponen mobil yang sering disentuh. Menjaga kebersihan tangan sebelum dan sesudah menyetir merupakan hal yang wajib dilakukan untuk meminimalisir potensi terinfeksi virus Corona. Serta jangan lupa untuk tetap memakai masker apalagi jika dalam keadaan sakit.

3. Membawa Hand Sanitizer

Selain itu, disarankan untuk cuci tangan minimal 20 detik menggunakan air mengalir, dan sabun. Namun jika tidak mempunyai cukup waktu, Anda dapat melakukannya dengan cairan pembersih seperti hand sanitizer. Aplikasikan sebelum masuk dan keluar mobil. 

4. Jaga Selalu Kondisi Tubuh

Meski belum ada obatnya, virus Corona akan sulit menjangkit mereka yang memiliki sistem kekebalan tubuh yang baik. Karenanya, Anda diminta untuk selalu jaga kondisi tubuh dengan istirahat cukup, makan makanan bergizi, dan minum multivitamin. Namun segera periksa ke dokter jika merasa kurang sehat, khususnya jika Anda memiliki gejala terjangkit virus Corona.

5. Jaga Jarak Aman

Saat berkendara pastikan juga Anda selalu menjaga jarak aman dengan para penumpang. Terlebih lagi buat para pengemudi taksi online. Karena sering menerima penumpang, kita tidak tahu apakah dirinya sehat atau tidak.

Nah jika Anda sudah mengikuti semua tips di atas, alangkah lebih baik lagi jika Anda dan keluarga tetap mengikuti himbauan dari pemerintah untuk berkegiatan di rumah dan hanya keluar saat pada keadaan yang mendesak, sebagai wujud nyata kepedulian kita untuk memutus mata rantai perkembangan virus Corona. [Ric/Idr]


Komentar