Begini Cara Perawatan Mobil Berfitur Digital Saat Masa PSBB Share this
Tips
Mode baca

Begini Cara Perawatan Mobil Berfitur Digital Saat Masa PSBB

Ahmad  Richad
pada 28 April 2020

JAKARTA - Saat ini pemerintah terus himbauan masyarakat untuk selalu melakukan kegiatan di dirumah saja, demi mencegah wabah Covid-19. Dan secara otomatis hal ini akan membuat kendaraan pribadi Anda terparkir di garasi dalam waktu yang lama. 

Namun tahukah Anda mobil yang jarang digunakan selama berminggu-minggu akan beresiko terkena ‘penyakit’. Nah, agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan, berikut beberapa tips merawat mobil berfitur digital ala Peugoet.

1. Selalu panaskan mobil

Meskipun mobil tidak digunakan, tetap harus selalu dipanaskan (engine on). Lakukan tiap 1-2 hari sekali, tujuannya agar performa aki mobil tetap stabil. Seperti diketahui saat ini banyak mobil modern yang menggunakan komponen elecktikal, dan berbagai fitur digital yang sangat bergantung pada arus listrik aki sebagai sumber utamanya.

“Dengan memanaskan mesin tiap saat, pemilik kendaraan dapat memantau kondisi kendaraan baik fungsi engine dan fitur-fitur andalannya. Semua bisa dipantau cukup mudah dengan melihat kondisi indikator di panel spidometer, tanpa harus membuka kap mesin,” kata Rafi’i Sinurat, Kepala Bengkel Astra Peugeot cabang Cilandak, Jakarta Selatan.

2. Pastikan semua indikator berfungsi

Ketika mobil dalam kondisi dipanaskan pastikan semua sistem indikator berfungsi dengan baik, di antaranya suhu mesin, tekanan oli, kualitas Aki, sistem ABS dan lainnya

“Saat temperatur kerja mesin mencapai 80-90 derajat, maka cooling fan akan aktif atau berputar. Kemudian kipas pendingin radiator itu juga akan off secara otomatis jika suhu mesin sudah mencapai kondisi ideal kembali. Saat itulah proses pemanasan mesin sudah bisa diselesaikan,” tambah Rafi’i.

3. Cek selalu kondisi mesin

Selanjutnya mengecek langsung kondisi mesin melalui ruang mesin. Misalkan saat memeriksa volume dan kondisi oli, dapat dilakukan dengan melihat deepstick atau batang pengukur oli. Selain itu mengecek volume air radiator, air wiper, juga minyak rem agar mobil tetap berada pada kondisi yang prima.

Karena mobil jarang digunakan, ada baiknya untuk selalu mengecek batas servis berkala melalui buku servis. Biasanya untuk servis berkala yang ideal adalah per 10.000 km atau dalam kurung waktu satu tahun. 

“Jika melewati batasan servis, khusus di mobil Peugeot akan terdengar bunyi dan muncul lampu indikator tanda Kunci terlihat menyala. Itu artinya pemilik mobil harus segera melakukan servis perawatan berkala bagi kendaraannya,” tutup Rafi’i.

Demikian tips yang dapat dilakukan agar mobil kesayangan Anda selalu prima di tengah masa PSBB. Dan semoga penyebaran virus Covid-19 ini dapat segera diatasi, sehingga kita semua dapat kembali menjalani aktivitas normal seperti sedia kala. [Ric/Idr]


Komentar