Ini Tips Pilih dan Rawat Sarung Tangan Berkendara Share this
Tips
Mode baca

Ini Tips Pilih dan Rawat Sarung Tangan Berkendara

Ahmad  Richad
pada 27 April 2020

JAKARTA — Di tengah situasi pandemi virus Corona (Covid-19) saat ini, masih ada beberapa warga yang harus tetap beraktivitas di luar rumah. Untuk itu jangan lupa selalu menggunakan  alat pelindung diri.

Terutama bagi pengendara sepeda motor, di situasi saat ini wajib menggunakan masker dan sarung tangan. Karena penggunaan sarung tangan ini, selain bertujuan untuk melindungi area tangan saat berkendara jarak dekat maupun jarak jauh, dapat juga mencegah terjadinya penyebaran virus dan bakteri.

Nah berikut, beberapa tips dari Tim Safety Riding PT Astra Honda Motor (AHM) mengenai cara pemilihan dan perawatan sarung tangan demi menunjang kenyamanan dalam berkendara. 

1. Pilih Bahan Yang Sesuai.

Saat ini banyak sekali bahan sarung tangan, namun terdapat 2 bahan utama yang sering digunakan yakni berbahan kulit dan bahan kain. Masing-masing dari bahan ini memiliki karakter yang berbeda. 

Misalnya bahan kain cocok digunakan saat udara panas sehingga dapat menyerap keringat pada tangan selain itu karakteristiknya juga yang lebih lentur. Namun jika berada di udara yang dingin sebaiknya menggunakan sarung tangan berbahan kulit agar hangat, meskipun bahanya kaku tapi lebih aman untuk melindungi dari gesekan. 

2. Nyaman Dipakai.

Pastikan sarung tangan jangan terlalu ketat sehingga sirkulasi darah dapat berjalan dengan baik saat berkendara. Sarung tangan juga harus melindungi seluruh bagian tangan dari ujung jari hingga pergelangan tangan. 

“Para bikers juga perlu memilih sarung tangan yang memiliki pelindung tulang agar dapat melindungi tangan secara maksimal. Dianjurkan pemilihan sarung tangan yang menutupi seluruh bagian tangan,” ujar Johannes Lucky, Safety Riding Manager AHM.

3. Mudah Dibersihkan.

Sarung tangan yang sering dipakai haruslah mudah dibersihkan secara mandiri, supaya kotoran dan kuman tidak menumpuk di sarung tangan. Perawatan sarung tangan minimal dilakukan sebanyak 2- 3 kali dalam seminggu. 

Mengenai cara pembersihannya, cukup rendam sarung tangan di dalam campuran air hangat yang ditambahkan dengan sabun cuci tangan atau sabun bayi selama 5-10 menit. Kemudian, bersihkan perlahan-lahan dengan menggunakan tangan terlebih dahulu agar tidak merusak lapisan protector sarung tangan. Jangan gunakan sikat karena dapat mengakibatkan kerusakan pada sarung tangan.

“Perawatan sarung tangan sangatlah penting untuk menjaga kualitas sarung tangan, mencegah bau dan berkembangnya kuman di dalam sarung tangan,” tutup Lucky.

Selanjutnya bilas sarung tangan dengan air bersih. Khusus untuk bahan kulit, bersihkan sarung tangan tanpa merendamnya dalam air untuk menghindari kerusakan pada lapisan kulit. Setelah semuanya selesai lalu keringkan, untuk bahan kain dapat dikeringkan di bawah sinar matahari. Sedangkan kulit, sebaiknya diangin-anginkan hingga benar-benar kering. [Ric/Idr]


Komentar