Lexus NX 2018 “Meledak” di Shanghai

Lexus NX 2018
Lexus NX 2018 (Foto: dok, Lexus)

SHANGHAI – Lexus menepati janjinya untuk memboyong new NX di Shanghai Auto Show 2017.

Ini artinya untuk kedua kalinya Lexus NX “meledak” di China setelah sebelumnya model ini pertama kali dikenalkan di Beijing Motor Show 2014.

Amerika Utara, Eropa adalah wilayah penting bagi Lexus. Namun tanah Tiongkok adalah negara spesial. Sehingga bukan suatu keanehan bahwa Lexus NX 2018 melantai untuk pertama kali di China sebelum disebar ke negara-negara lain.

New Lexus NX akan mendapat pujian dari khalayak. Sebab compact SUV ini menawarkan desain lebih tajam yang khas dan tersebar teknologi tercanggih di kelasnya begitu memasuki model facelift.

Eksteriornya lebih sempurna. Seluruh fasia depan new baru telah disegarkan meliputi grille dengan chrome, bumper yang didesain ulang agar terlihat lebih menyatu dengan kap mesin dan pintu depan. Klaim Lexus redesain ini menghasilkan bentuk keseluruhan yang lebih ramping serta tingkat aerodinamis sangat baik.

Lampu depan dan proyektor triple AHS telah tersedia. Benda-benda itu mirip dengan digunakan pada coupe mewah LC. Secara tegas mampu meningkatkan aura sangar new Lexus NX. Begitu juga dengan desain foglamp-nya kini lebih terlihat senada dengan penampilan barunya.

Lexus NX 2018
Bagian belakang Lexus NX 2018 (Foto: dok. Lexus

“Kami telah mengubah bentuk bumper depan bawah untuk lebih mendukung spindle grille, serta merelokasi lampu kabut ke sudut bumper depan. Hasilnya adalah fasia depan lebih kuat. Dan kehadirannya lebih agresif,” tegas Shin Kamiura, Exterior Designer Lexus.

Lexus NX 2018 kini menampilkan lampu belakang baru serta knalpot berlapis chrome. Ubahan depan dan belakang tersebut ditopang dengan improvement pada kaki-kaki yang kini tersedia lingkar roda 18″ berbahan aluminum.

Pada bagian interior Lexus rupanya menggunakan bahan-bahan berkualitas selain desain ulang pada bagian dashboard, jok, doortrim hingga konsol tengah. Fitur-fiturnya tidak dikerdilkan, namun bertambah guna memberikan kepuasan pelanggan salah satunya memperbaiki Heads Up Display (HUD) yang kini lebih terintegrasi.

Keunggulan lain pada interiornya yaitu kemampuan meredam bunyi dari luar dengan adanya peningkatkan pada vibration and harshness (NVH). Hal ini didapat setelah penempatan struktur body dan suspensi yang lebih tepat.

Lexus NX 2018
Interior Lexus NX 2018 (foto: dok. Lexus

Menurut Kamiura-san, dalam mengembangkan interior new NX, Lexus tetap mengutamakan istilah TAKUMI di mana fokus pada kualitas, detail untuk mengejar kata sempurna dari setiap pelanggan.

Ubahan terbesar yaitu pada chassis NX adalah Adaptive Variable Suspension (AVS). Pada alat peredam ini sekarang didasarkan pada sistem canggih yang hanya tersimpan pada Lexus LC 500.

Lexus NX 2018 dilengkapi Lexus Safety System +, yang mana terintegrasi active safety technologies seperti Pre-Collision System (PCS), Dynamic Radar Cruise Control System, Lane Departure Alert (LDA) dan Automatic High Beam (AHB). Model ini juga tersedia Intelligent Clearance Sonar (ICS) sebagai kendaraan keluarga.

Di China new Lexus NX tersedia pilihan NX 300 F SPORT dan NX 300h, masing-masing dilengkapi mesin bensin turbocharged 2.0-liter 4-silinder segaris dan mesin bensin 2.5-liter 4-silinder segaris dikombinasikan motor listrik untuk meningkatkan tenaga dan efisiensi bahan bakar. [Ikh/Ikh]

Comments