Lexus UX akan Masuk Dapur Produksi Share this
Mobil Konsep
Mode baca

Lexus UX akan Masuk Dapur Produksi

Muhammad Ikhsan
oleh Muhammad Ikhsan
pada 14 Maret 2017

Foto: Lexus UX akan Masuk Dapur Produksi

GENEVA -  Lexus UX concept sempat mengguncang publik ketika penampilan perdana di Paris Motor Show 2016. Selang tahun kemudian, kabar baru kembali datang yang memberitakan model ini akan masuk dapur produksi.

Lexus UX Concept menyita perhatian karena mendobrak konsep desain SUV. Mobil ini menampilkan desain yang tak wajar, namun faktanya banyak yang menggemari desainnya di segmen Luxurious Compact SUV.

Yoshihiro Sawa, executive vice president Lexus International mengatakan di sela-sela acara Geneva Motor Show 2017, bahwa UX sangat penting untuk Lexus guna mendongkrak penjualan global Lexus.

"Kami sedang fokus pada UX, mobil ini tidak lama lagi (masuk jalur produksi)," ucap Sawa.

Ia menegaskan mobil ini sendiri menyasar anak muda yang ingin tampil berbeda. Dalam memproduksi mobil konsep ini, Lexus butuh persiapan yang matang agar mobil menjadi trendsetter dalam model baru SUV.

Sawa sendiri tidak mengungkap kapan UX masuk dapur produksi, namun rumornya mulai 2018. Lexus UX mengusung desain eksterior yang kuat seperti tradisi perusahaan dalam mendesain mobil, bahkan bagian luarnya lebih memukau dari RX dan NX. Hal paling utama adalah spindle grille yang telah menjadi ciri khas Lexus di dunia.

SUV kompak masa depan ini dibangun dengan panjang 4.400mm, tinggi 1.520mm, lebar 1.900mm dan jarak roda 2.640mm, di mana hasil rancangan ED2, pusat desain Lexus di Prancis selatan. Konsep mobilnya merupakan langkah baru desain Lexus guna meningkatkan pengalaman berkendara.

Ketika diproduksi nanti, Lexus UX akan memiliki sistem penggerak roda 4×4 dengan ground clearance agak tinggi berkat penggunaan lingkar roda 21"″ dibalut ban 255/50.

Interiornya mampu menampung 5-penumpang. Lexus menyuguhkan didesain inovatif dengan menyematkan teknologi 3-D Human Machine Interface (HMI) di dalam. Teknologi ini memungkinkan penghuni kabin merasakan sensasi kokpit masa depan, sebab fitur di dalamnya bisa difungsikan dengan gerakan tangan.

Tujuan dari HMI ini adalah membuat pekerjaan fisik lebih mudah. [Ikh]


Komentar