Wuling Cortez Punya Kembaran di China Bernama Baojun 360

LIUZHOU – Wuling Cortez ternyata memiliki kembaran di China yaitu Baojun 360 dan dijual dengan kisaran Rp 100 jutaan,

Perusahaan joint venture SAIC, General Motors dan Wuling baru saja merilis produk baru untuk pasar domestik China. MPV (multi purpose vehicle) ini pun digadang cocok untuk mengakomodir kebutuhan keluarga muda.

Sisi menariknya adalah, Baojun 360 memiliki kemiripan dengan Wuling Cortez yang sudah hadir di Indonesia. Bahkan, keduanya juga punya wheelbase yang sama yakni 2.750 mm. Namun, Baojun 360 memiliki dimensi lebih kecil dari Wuling Cortez.

Itu lantaran Baojun 360 didesain untuk enam penumpang. hal ini juga turut memengaruhi kapasitas bagasi cukup banyak yaitu 1.350 liter. Meski lebih kecil, pihak produsen juga tetap menyematkan unsur kemewahan pada kendaraan ini.

Beberapa item serupa seperti Wuling Cortez juga terpasang di dalam kabin. Mulai dari jok model captain seat di baris kedua, LCD dashboard berukuran 8 inchi dengan pengoperasian touch screen, electric sunroof hingga fitur safety seperti dual air bags (di depan) dan tire preassure monitoring system.

Perbedaan lainnya juga terletak pada pengoperasian transmisi otomatis. Baojun 360 terlihat lebih modern ketimbang Wuling Cortez yang masih menggunakan tuas.

Desain dan fitur Baojun 360 sedikit banyak menyerap item yang ada di Wuling Cortez tipe tertinggi (1.8 L). Akan tetapi, mesin yang dipakai sama dengan Wuling Cortez tipe 1.5 L. Kemampuannya juga mirip-mirip, sementara perbedaan terletak pada torehan torsi maksimal.

Di China, Baojun 360 ditawarkan dalam lima varian dengan dua pilihan transmisi (manual dan otomatis). Meliputi 1.5L 6MT Comfort, 1.5L 6MT Elite, 1.5L 6MT Luxury, 1.5L AMT Elite dan 1.5L AMT Luxury. Mobil ini dijual mulai dari 56,800 RMB hingga 75,800 RMB atau berkisar Rp 125,41 juta sampai Rp 167,36 juta. [Ary/Ari]