Sokon Siap Lansir MPV Tandingan Avanza

PT Sokonindo Automobile
Sokon Glory 370

BANTEN – PT Sokonindo Automobile akan menjual model MPV di Tanah Air, setelah kesuksesan Sokon Glory 580.

Jika melihat volume dan kebanyakan rencana pabrikan otomotif di Indonesia, apa yang dicanangkan PT Sokonindo Automobile tergolong kontra produktif. Karena dengan pasar yang gemuk para pabrikan biasanya menyasar kelas MPV terlebih dahulu baru masuk ke model lainnya termasuk SUV.

Namun demikian, apa yang dilakukan perusahaan asal China ini pastinya sudah diperhitungkan secara matang. Dan masuk melalui pasar SUV juga tidak salah karena pertumbuhan penjualannya yang terus meningkat dewasa ini.

“Sebagai pemain baru kami harus hati-hati terhadap kondisi pasar, harus dihitung secara matang dan tentunya jangan sampai konsumen kecewa,” ujar Alexander Barus, CO-CEO PT Sokonindo Automobile.

Memang jika ditelisik lebih dalam, sejatinya Sokon Glory 580 bukan model pertama yang diproduksi Sokon dan dijual di Indonesia. Sebelumnya mereka telah memproduksi DFSK Super Cab yakni pick-up saingan dari Daihatsu Gran Max.

“Dalam hitungan, untuk sementara akan fokus pada model SUV terlebih dahulu sambil kami mempelajari perkembangannya. Intinya jika SUV ini bisa diterima pasar, kami selanjutnya akan memproduksi model MPV,” jelas Alexander.

Lebih lanjut, Alexander tidak memberikan keterangan soal MPV yang bakal diproduksi ke depan. Otospirit.com memprediksi kemungkinan besar produk tersebut akan bermain di segmen low MPV yang di China dikenal dengan Sokon Glory 370.

Dari situs resmi DFSK, Sokon Glory 370 tampak memiliki desain yang elegan, garis body dan gayanya mungkin nyaris senada dengan Wuling Confero. Demikian juga dari proporsi dimensinya dengan panjang lebih dari 4.5 meter dan tampak tidak simetris karena perbandingan tinggi dan lebarnya.

Sokon Glory 370 dilengkapi dengan mesin berkapasitas 1.5 liter bertenaga 114 hp. Diklaim dapat  dipacu hingga kecepatan maksimal 160 kpj dengan rata-rata konsumsi BBM 14 km per liter dan menggunakan sistem penggerak roda depan. [Amo/Ikh]