Porsche ingin Pecahkan Rekor Lamborghini Aventador SVJ di Green Hell

Porsche
Porsche 918 Spyder

STUTTGART – Porsche ingin pecahkan rekor di sirkuit Nurburgring atau yang kerap disebut Green Hell.

Sebagai produsen mobil sport, Porsche tidak asal mengecap. Manufaktur asal Jerman tersebut pernah mengukir rekor di Green Hell. Melalui model 918 Spyder, Porsche pernah menjadi mobil tercepat di dunia yang mengitari sirkuit di Jerman tersebut.

Tekad Porsche sendiri nampaknya sudah bulat. Karena mereka akan terus mencoba untuk memecahkan rekor di sirkuit yang terkenal sangat panjang tersebut. Hal ini dikatakan sebagai bentuk komitmen perusahaan dalam menghadirkan kendaraan berperforma.

“Hingga 5.000 tahun ke depan, seluruh manusia akan terus membandingkan performa dalam permainan dan kompetisi dalam sepakbola, rally dan bidang apapun. Saya pikir ini (upaya pemecahan rekor) tidak akan pernah berhenti,” ucap Frank-Steffen Walliser, Head of Porsche-Motorsport.

Saat ini, pemegang rekor di Nurburgring, Jerman adalah Lamborghini Aventador SVJ. Supercar buatan Italia tersebut mencatat 6 menit 44.97 detik untuk satu putaran. Torehan ini lebih cepat 2.3 detik dari Porsche 911 GT2 RS sebelumnya.

Porsche 918 sendiri menggunakan mesin 4.6-liter V8 dan bantuan dari beberapa motor listrik. Secara keseluruhan besaran tenaga yang dihasilkan sebesar 875 hp dan torsi 1.280 Nm. Porsche masih punya banyak pekerjaan rumah untuk bisa mengalahkan rekor dari Lamborghini tersebut si atas.

Jika mengandalkan mesin bakar semata, Porsche diyakini tidak akan sanggup menghajar rekor milik Lambo. Mereka diharapkan mampu menekuk Lambo melalui generasi terbaru 918. Adapun target mereka adalah 6 menit 30 detik untuk satu putaran. [Dew/Ari]