All-New Yaris 2020 Punya Fitur Parkir Anti-Ribet Share this

All-New Yaris 2020 Punya Fitur Parkir Anti-Ribet

Helmi  Reinaldi
oleh Helmi Reinaldi
pada 17 Oktober 2019

Foto: Advanced Park All New Yaris 2020

TOKYO – Dari sekian banyak fitur dan teknologi baru yang dikantongi oleh all-new Toyota Yaris 2020. Salah satu yang cukup menarik adalah fitur Advanced Park.

Pabrikan mobil asal Jepang ini memperkenalkan Advance Park sebagai bagian dari fitur Toyota’s Advanced Parking Support System. Sederhananya, fitur ini memudahkan pengguna untuk melakukan parkir secara otomatis, bahkan tanpa menyentuh kemudi sekalipun.

Melalui fitur ini, pengguna tidak perlu repot-repot menempatkan mobil dengan posisi parkir yang tepat. Mobil dapat secara otomatis menyesuaikan posisi parkir dengan ruangan yang tersedia.

Sistem semi otonom ini tidak hanya mengendalikan roda kemudi, tetapi juga pedal gas dan rem. Pengemudi hanya perlu membantu mengoperasikan tuas transmisi sesuai dengan instruksi yang diberikan.

Fitur Advanced Park juga dapat memberikan peringatan suara pada pengemudi. Untuk membantu menghindari tabrakan kecil, Toyota memanfaatkan kamera dan sensor ultrasonik untuk memantau lingkungan di sekitar mobil.

Menurut Toyota, dengan mengatur tempat parkir terlebih dahulu, sistem memungkinkan mobil untuk parkir di lokasi-lokasi tanpa penanda garis putih. Fitur ini menjadi pertama kalinya disematkan di kendaraan besutan Toyota.

Rencananya generasi keempat Yaris ini dijadwalkan akan mulai dijual di Jepang pada pertengahan Februari 2020. Sebelumnya all-new Yaris 2020 akan lebih dulu unjuk gigi di Odaiba selama perhelatan Tokyo Motor Show 2019.

All-new Yaris mengadopsi platform TNGA kebanggan Toyota. Yaris juga ditawarkan dalam empat powertrain berbeda. Menurut Toyota, powertrain ini akan menghadirkan ketangkasan, kenyamanan dan akselerasi yang lebih halus. [Hlm/Idr]


Komentar