6 Cara Mudah Menjaga dan Merawat Motor Matik Share this
Berita Motor
Mode baca

6 Cara Mudah Menjaga dan Merawat Motor Matik

Denny Basudewa
pada 04 September 2021

Foto: motor matik

JAKARTA - Sepeda motor bisa disebut sebagai sarana transportasi yang jadi favorit di Indonesia. Hal tersebut bisa dilihat dari banyaknya pengguna yang ada pada saat ini. Dari beberapa tipe yang ada sepeda motor skuter matik masih menjadi yang paling banyak diminati.

Menggunakan sepeda motor matik memang terbilang lebih mudah dibanding jenis yang lain. Anda cukup mengatur tarikan gas dan rem untuk mengendarainya. Kalau saat ini Anda berminat untuk membeli sepeda motor matik, Anda bisa melihat harga Honda Beat 2021 di Blibli yang bisa Anda pesan secara online.

Memelihara sepeda motor matik tentu harus Anda lakukan agar usia sepeda motor Anda bisa panjang dan tidak mudah rusak. Beberapa tips berikut ini bisa Anda lakukan untuk menjaga kondisi sepeda motor matik Anda agar selalu dalam kondisi yang prima.

  1. Rutin Panaskan Mesin Motor

Salah satu hal paling mudah dan sederhana yang harus Anda lakukan demi menjaga kondisi sepeda motor matik Anda adalah memanaskan mesin motor. Pastikan mesin sepeda motor Anda sudah panas terlebih dahulu sebelum Anda gunakan. Ada baiknya, hal ini Anda lakukan di pagi hari. Mengingat mesin motor yang sudah mati beberapa jam setelah digunakan.

Memanaskan mesin motor juga harus selalu Anda lakukan, meski pun sepeda motor Anda sedang jarang digunakan. Seperti saat kondisi pandemi seperti ini. Sediakan waktu lima hingga sepuluh menit di pagi hari untuk memanaskan mesin. Tujuannya, agar oli di dalam mesin sepeda motor Anda tetap melumasi mesin-mesin yang ada.

  1. Jangan Sampai Kehabisan Bensin

Anda pasti sudah paham betul fungsi dari indikator bensin yang ada di speedometer bukan? Indikator tersebut harus Anda perhatikan betul, sebagai salah satu cara merawat sepeda motor matik. Sebisa mungkin, bensin jangan sampai benar-benar habis, agar mesin tidak mengalami kerusakan, terutama sepeda motor matik yang menggunakan injeksi.

Kehabisan bensin bisa menyebabkan kerusakan pada bagian pompa bahan bakar. Jika itu terjadi, pompa bahan bakar akan lebih cepat rusak karena berkarat. Tentu saja hal itu akan membuat Anda mengeluarkan uang yang cukup besar untuk menggantinya. Untuk menghindari hal tersebut, biasakan isi bensin hingga kapasitas full saat indikator mulai menunjukkan ke huruf E.

  1. Isi Bensin dengan yang Berkualitas Baik

Masih berkaitan dengan bensin. Tips berikutnya untuk menjaga kondisi sepeda motor matik  Anda agar tetap prima adalah menggunakan bahan bakar dengan kualitas yang baik. Hal tersebut tentu sangat berpengaruh dengan keawetan mesin sepeda motor. Bensin dengan kualitas oktan yang tinggi akan lebih awet dan menjaga tenaga mesin saat digunakkan.

Untuk memastikan sepeda motor Anda tetap ditenagai oleh bahan bakar berkualitas, Anda sebaiknya selalu mengisi bahan bakar di tempat pengisian yang resmi. Sebisa mungkin hindari mengisi bensin di pedagang eceran. Selain harga yang berbeda cukup jauh, bukan tidak mungkin bahan bakar yang dijual secara eceran sudah dicampur dan tidak murni lagi. Hal tersebut tentu akan merugikan dan membuat mesin sepeda motor matik Anda cepat rusak.

  1. Berkendara dengan Kecepatan yang Stabil

Berkendara dengan kecepatan tinggi terkadang memang menyenangkan. Apalagi dilakukan saat jalanan sedang kosong. Namun, hal tersebut ternyata berpengaruh terhadap usia mesin sepeda motor matik Anda. Apalagi, jika Anda kurang paham bagaimana cara yang tepat dalam menarik gas untuk menambah kecepatan.

Salah satu cara untuk merawat mesin sepeda motor matik Anda adalah dengan berkendara dengan kecepatan yang stabil. Jangan menaikkan kecepatan secara tiba-tiba, begitu pula sebaliknya. Hal tersebut akan berpengaruh ke mesin sepeda motor, bahkan bukan tidak mungkin akan merusak salah satu komponen penting dari sepeda motor matik, yaitu vanbelt.

  1. Melakukan Servis Rutin di Bengkel Resmi

Melakukan servis sepeda motor matik adalah hal yang cukup penting, namun terkadang masih dianggap hal sepele. Tidak sedikit yang beranggapan melakukan servis motor cukup dengan melakukan ganti oli mesin secara rutin. Padahal, bukan hanya oli mesin saja yang harus Anda perhatikan dari sepeda motor matik. Ada oli gardan, oli shockbreaker, sampai kebersihan di dalam mesin itu sendiri.

Untuk itu, Anda disarankan melakukan servis motor secara rutin di bengkel resmi. Anda bisa melihat buku panduan untuk patokan kapan Anda harus melakukan servis. Keuntungan lain dari melakukan servis di bengkel resmi, sepeda motor matik Anda sudah pasti dikerjakan oleh mekanik yang memiliki kualitas. Tak hanya itu, jika ada onderdil atau spare part sepeda motor Anda yang harus diganti, sudah pasti diganti dengan yang asli.

  1. Rajin Mencuci Motor

Kebersihan seringkali tidak dipedulikan oleh para pengendara, apalagi yang setiap hari melakukan kegiatannya dengan menggunakan sepeda motor. Padahal, kebersihan secara tidak langsung bisa membuat sepeda motor matik Anda lebih awet, selain untuk keindahan sepeda motor itu sendiri.

Dengan rajin mencuci motor, Anda bisa mengetahui lebih dini jika ada kerusakan pada sepeda motor Anda. Misalnya, ada kebocoran di bagian oli atau karat di beberapa komponen-komponen yang ada. Jadi, Anda bisa segera melakukan servis atau mengganti komponen tersebut agar tidak terjadi kerusakan yang lebih parah lagi.

Itulah tips-tips yang bisa Anda lakukan untuk menjaga kondisi sepeda motor matik Anda. Semakin baik merawatnya, akan semakin panjang usia sepeda motor matik Anda. Tentu Anda tidak ingin keluar banyak uang karena kerusakan-kerusakan fatal. [Dew]


Komentar