Yamaha VR46 Master Camp 2018 Tanpa Pembalap Indonesia Share this
Balap Lain
Mode baca

Yamaha VR46 Master Camp 2018 Tanpa Pembalap Indonesia

Ary Dwinoviansyah
oleh Ary Dwinoviansyah
pada 27 Juli 2018

TAVULLIA - Yamaha Motor Co., dan VR46 Riders Academy sudah memilih lima pembalap yang akan dilatih Valentino Rossi di Yamaha VR46 Riders Academy.

Yamaha kembali membuka sekolah balap singkat untuk mengembangkan potensi pembalap-pembalap muda mereka. Tahun ini, lima pembalap dari beberapa negara akan turut serta mengikuti pelatihan yang berpusat di markas Rossi di Tavullia, Italia.

Namun, Yamaha VR46 Riders Academy 2018 tak lagi diikuti pembalap Indonesia. Satu-satunya pembalap Asia diambil dari Thailand yaitu Kemint Kubo. Sementara empat pembalap lainnya berasal dari Amerika Serikat (Cory Ventura dan Jackson Blackmon) serta Brasil (Eliton Kawakami dan Bruno Cesar).

Seperti diketahui, sejak 2 tahun lalu pembalap Indonesia tak pernah absen menuntut ilmu dari legenda hidup MotoGP tersebut. Di 2016, Yamaha Indonesia mengirimkan Galang Hendra dan Imanuel Pratna. Sementara Anggi Setiawan menjadi satu-satunya wakil pada 2017.

Bekal yang diperoleh dari Rossi juga turut melecutkan dua siswanya yakni Galang dan Imanuel untuk berkompetisi di kancah dunia yaitu kejuaraan World Supersport 300 (WSSP300) 2018. Belum bisa dipastikan apakah Indonesia tidak kebagian jatah tahun ini atau memang pihak Yamaha Indonesia belum mendapatkan kadidat seperti Galang.

Seperti kegiatan sebelum-sebelumnya, Yamaha VR46 Master Camp selalu diisi dengan aktivitas untuk menunjang skill balap mereka. Mulai dari berlatih dengan motor Yamaha YZ250F di Motor Ranch milik Rossi, Yamaha YZF-R3 di Sirkuit Misano hingga latihan mini moto dan motocross dengan motor Yamaha lainnya.

"Kami akan memulai Yamaha VR46 Master Camp kelima dan selalu menyenangkan untuk bertemu bakat baru untuk berlatih bersama VR46 Riders Academy dan para ahli balap dan dengan program pelatihan profesional," kata Alessio Salucci, Direktur VR46 Riders Academy.

Saluci juga menyebut telah melihat langkah besar pada karir para siswa sebelumnya dan Galang merupakan salah satunya. Pembalap binaan Yamaha Indonesia ini memulai debutnya di WSSP300 pada 2017 sebagai peserta wildcard.

Galang bahkan menjawabnya dengan kemenangan saat melakoni seri WSSP300 di Jerez, Spanyol. Kemudian, Ia pun dipercaya melakoni semusim penuh balapan WSSP300 2018 bersama tim MotoXRacing. Pembalap asal Yogyakarta itu juga sudah sekali memenangkan WSSP300 Sirkuit Brno, Republik Ceko.

"Sejak kemenangan sensasionalnya sebagai wildcard, Dia terus mengesankan di musim 2018 sebagai pembalap resmi Yamaha," ucap pria yang kerap kali mendampingi Rossi di paddock saat balapan. [Ary/Ari]


Komentar