Yamaha R25 Edisi Facelift akan Gunakan Slipper Clutch Share this
Berita Motor
Mode baca

Yamaha R25 Edisi Facelift akan Gunakan Slipper Clutch

Denny Basudewa
pada 20 Februari 2017

Foto: Yamaha new R25

JAKARTA – PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) akan menyematkan fitur slipper clutch pada new Yamaha R25.

Setelah sukses membenamkan perangkat canggih tersebut pada all-new R15 beberapa waktu silam, YIMM dapat dipastikan akan memasangkan slipper clutch pada new Yamaha R25. Meskipun enggan buka suara kehadiran pesaing Kawasaki Ninja 250 dan Honda CBR250RR di Indonesia, pihak Yamaha memastikan kehadiran fitur baru tersebut.

“Fitur ini (slipper clutch) memang sudah seharusnya dan selayaknya dipakai (pada R25). Fitur ini diperlukan dari segi safety pada motor-motor berkapasitas besar seperti R25,” ujar Slamet Kasianom, Senior Technical YIMM kepada Otospirit.com di Jakarta, Senin (20/20/2017).

Untuk diketahui, fitur slipper clutch pada mesin dapat membantu pergerakan motor agar tidak liar. Perangkat ini juga dapat mengurangi efek kopling gosong karena terlalu sering dipencet. Sepedamotor di atas 200cc menurut Slamet umumnya digunakan dalam kecepatan tinggi, sehingga dibutuhkan teknologi tersebut.

Saat didesak kapan generasi terbaru dari R25 tersebut hadir di Tanah Air, pria ramah tersebut tetap enggan membocorkan kepastiannya. Merunut media asal Jepang, Young Machine, tampang anyar new Yamaha R25 sudah terlihat jelas melalui rekayasa digital.

Jika diperhatikan, tampilan new Yamaha R25 lebih sporty mengikuti bahasa desain R6 yang tenar di arena balap. Layaknya all-new R15, motor berkapasitas seperempat liter tersebut juga menggunakan suspensi upside down.

Hal ini membuat laju kendaraan lebih stabil dan nyaman meskipun digunakan dalam kecepatan tinggi. Menjadi produk global yang diproduksi di pabrik Yamaha di Pulogadung, Jakarta Timur, kemunculan generasi terbaru new Yamah R25 menjadi perbincangan hangat di kalangan speedgoers Tanah Air. [Dew/Ikh]


Komentar