Yamaha Kembangkan Motor Trial Bertenaga Listrik Share this
Motor Konsep
Mode baca

Yamaha Kembangkan Motor Trial Bertenaga Listrik

Denny Basudewa
pada 24 Maret 2018

Foto: Yamaha TY-E

IWATA – Yamaha Motor Co mengumumkan bahwa pihaknya tengah mengembangkan TY-E electric trial bike. Motor ini nantinya akan digunakan untuk berkompetisi di FIM Trial-E Cup 2018.

Kuda besi jenis trial ini dikatakan memiliki kelebihan dalam hal tenaga, berkat menggunakan fitur listrik sebagai sumber tenaganya. Merunut sesuai jadwal, FIM Trial-E Cup seri pertama akan digelar di Auron, Perancis 14-15 Juli mendatang.

Pihak Yamaha sendiri menunjuk Kenichi Kuroyama sebagai joki andalannya. Saat ini pembalap tersebut tengah berkompetisi di kelas IA Super Class, dalam kejuaraan All Japan Trial Championship. Yamaha TY-E sendiri akan menjadi salah satu penampil di pameran Tokyo Motor Show 2018.

Yamaha TY-E dikatakan hanya menggunakan 5 persen dari tenaga R&D pabrikan motor asal Jepang tersebut. Sisanya memanfaatkan tenaga kerja sukarela dan otonom, sehingga mereka tidak terpaku dengan bentuk rangka pada umumnya.

“Kami di sini fokus untuk menciptakan motor trial versi kompetisi. Kami juga berusaha untuk mengembangkan motor lebih jauh lagi. Kami berusaha untuk meminimalisir kelemahan motor listrik jenis ini, dimana bodi yang ringan ditambah tenaga besar akan membuat pengendalian menjadi sulit,” ujar pihak Yamaha.

Yamaha TY-E memiliki kelebihan dari segi fitur seperti motor listrik berdaya tinggi, sehingga membuat kinerja offroad lebih baik. Motor ini juga memiliki kontrol yang baik di kecepatan sangat rendah.

Lebih jauh, Yamaha TY-E juga dilengkapi dengan kopling mekanis, sehingga membuat keseimbangan kendaraan lebih baik. Mereka juga menyematkan flywheel guna membuat traksi ban lebih baik. Baterai jenis baru pada Yamaha TY-E memiliki bobot ringan serta dimensinya yang ringkas. Yamaha TY-E menggunakan rangka dengan model monokok CFRP yang memiliki bobot paling ringan. [Dew/Ari]

Lebih lanjut di Otospirit
Yamaha Kembangkan Motor Trial Bertenaga Listrik


Komentar