Yamaha TY-E Lebih Sangar dari Versi Bensin Share this
Motor Baru
Mode baca

Yamaha TY-E Lebih Sangar dari Versi Bensin

Denny Basudewa
pada 10 Juli 2018

Foto: Yamaha TY-E

TOKYO – Yamaha TY-E merupakan motor trail listrik yang memiliki kemampuan setara dengan versi bensin.

Bertempat di Tokyo Motorcycle Show 2018, produsen asal Jepang menarik perhatian para pengunjung dengan membuka selubung motor trial listrik yakni TY-E. Proses peluncuran kendaraan tersebut dilakukan langsung oleh product development Yamaha dan disambut beberapa pertanyaan pengunjung.

Motor listrik yang memiliki tampilan sangar ini mengundang rasa penasaran para pengunjung, terutama kemampuannya. Sebagai produk terbaru, pihak Yamaha mengatakan fokus dalam mengembangkan kendaraan ini adalah performa.

“Motor ini dapat dibandingkan secara langsung dengan versi bensin dan mengalahkannya. Kami sengaja mengembangkannya untuk hal itu,” ucap pihak Yamaha.

Motor berbasis trial merupakan kendaraan yang dirancang untuk bisa menaklukan beberapa rintangan. Di antaranya medan non aspal yang berbatu, memasuki hutan dan melaluinya tanpa mengharuskan pengendara menyentuh tanah.

Yamaha TY-E Yamaha TY-E

Kompetisi trail sendiri memang dirancang agar pesertanya melakukan lompatan dan manuver, dengan tingkat kesulitan beragam. Kejuaraan ini mengharuskan motor yang ikut serta memiliki bodi lebih ramping dibandingkan pada umumnya.

Pengembangan Yamaha TY-E sendiri dikatakan berbeda darii produk mereka lainnya. Tanpa melibatkan departemen R&D Yamaha, para insinyur menjadi lebih fokus dalam mengembangkan produk.

“Tantangan terbesar dari membuat motor listrik adalah membuat baterai yang tahan lama. Namun motor trail tidak menempuh jarak yang terlalu jauh, jadi hal tersebut tidak menjadi fokus utama kami. Kami hanya fokus dalam mengembangkan torsi dan kemampuan motor di medan trial,” kata pihak Yamaha kemudian.

Pihak Yamaha juga menyebut bahwa motor listrik merupakan kendaraan yang sesuai dengan kejuaraan trial. Torsi yang besar dan instan membuat pengendaranya lebih mudah dalam mengendalikan motor. [Dew/Ari]


Komentar