Volvo Hadirkan Sistem Komunikasi Antarmobil Share this

Volvo Hadirkan Sistem Komunikasi Antarmobil

Denny Basudewa
pada 5 hari yang lalu

Foto: Volvo Cars

GOTHENBURG – Volvo Cars membuat terobosan baru dalam hal keselamatan di jalanan, dengan menghubungkan kendaraan-kendaraan mereka dalam sistem canggih.

Dikatakan bahwa teknologi ciptaan Volvo ini merupakan yang pertama di dunia. Mereka menghubungkan unit-unit Volvo untuk bisa saling memberikan informasi kondisi jalanan. Hal ini dilakukan guna semakin mengurangi tingkat kecelakaan di jalan raya.

Dengan mengandalkan jaringan berbasis cloud, kendaraan bermerek Volvo di seluruh Eropa nantinya akan mampu saling mengingatkan akan kondisi jalan. Kendaraan Volvo mampu memberikan informasi akan adanya bahaya di dekatnya pada kendaraan lain di belakangnya.

Adapun fitur Hazard Light Alert dan Slippery Road Alert pertama kali diperkenalkan oleh Volvo pada 2016. Tercatat 90 kendaraan berlabel Volvo di Swedia telah menggunakan fitur tersebut. Kemudian pada pekan depan fitur tersebut akan hadir di semua unit terbaru mereka.

Diharapkan dua fitur tersebut akan disematkan pada kendaraan-kendaraan mereka pada 2020. Guna mewujudkannya, Volvo mengatakan bahwa kendaraan model lama dari Volvo juga dapat menggunakan sistem komunikasi tersebut.

“Berbagi data keselamatan antar mobil dapat membantu menghindari kecelakaan. Pemilik Volvo secara langsung memiliki kontribusi untuk membuat jalan lebih aman bagi pengemudi lainnya. Sementara mereka juga dapat mendapat peringatan dini terhadap kondisi jalan yang memiliki potensi bahaya,” ucap Malin Ekholm, Head of Volvo Cars Safety Centre.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Volvo, menyesuaikan kecepatan dengan kondisi lalu lintas secara aktual dapat mengurangi risiko kecelakaan. Dengan memberikan informasi pada orang lain secara tepat waktu dapat membuat orang mengemudi lebih baik. [Dew/Ari]


Komentar