Toyota Sienta Euro 6 untuk Singapura Ternyata dari Indonesia Share this
Berita Mobil
Mode baca

Toyota Sienta Euro 6 untuk Singapura Ternyata dari Indonesia

Muhammad Ikhsan
oleh Muhammad Ikhsan
pada 31 Juli 2017

Foto: Toyota Sienta Euro 6 ekspor ke Singapura (Foto: Amos)

JAKARTA - Toyota Sienta ternyata sudah punya standar emisi Euro 6.

PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) sudah melakukan ekspor Toyota Sienta berstandar emisi Euro 6 ke Singapura. Mobil itu diproduksi di Pabrik Toyota, Karawang Plant 2 di Karawang, Jawa Barat.

Edward Otto Kanter, Wakil Presiden Direktur PT TMMIN mengatakan, jumlah ekspor sekitar 30-50 unit per bulan.

"Ini merupakan keberhasil Toyota Indonesia karena sudah bisa mampu memproduksi Toyota Sienta Euro 6 dan diekspor," kata Edward di Jakarta.

Di Indonesia, Toyota Sienta menerapkan standar gas buang Euro 2. TMMIN pun sudah sangat siap jika harus menyiapkan Toyota Sienta Euro 6 untuk pasar otomotif Indonesia, namun kembali lagi ke kualitas BBM dalam negeri yang tidak memenuhi persyaratan untuk mesin-mesin Euro 6.

Menurut Edward, Pabrik Toyota Karawang Plant 2 memiliki kemampuan memproduksi kendaraan dengan standar emisi tinggi, bahkan klaim TMMIN setara dengan pabrik mobil Toyota di Jepang.

Dijelaskan Edward, terdapat perbedaaan antara Toyota Sienta untuk Indonesia dan Singapura. Perbedaan terletak pada komponen catalytic converter dan electronic computer unit (ECU), di mana Sienta untuk Singapura telah dirancang khusus untuk menemuhi standar emisi Euro 6.

Selain Singapura, ekspor Sienta dilakukan ke Brunei Darussalam, Malaysia, dan Thailand. Adapun total kuota ekspor Sienta tahun ini ditargetkan mencapai 7.000 unit (termasuk Singapura). Jumlah ini meningkat sebesar 20 persen dibanding tahun lalu (5.800 unit). Ekspor Toyota Sienta ke Thailand dan Malaysia masing-masing negara mendapat 400-500 unit per bulan.

Dalam keterangan resminya, TMMIN telah mengekspor mobil (CBU) sebanyak 99 ribu unit pada semester-I 2017. Terjadi kenaikan sekitar 18 persen dibanding periode sama tahun lalu, yaitu sebesar 85 ribu unit.

Ekspor Toyota Fortuner mendominasi dengan 33 ribu unit, disusul Toyota Vios sebanyak 15 ribu unit. Sementara sisanya gabungan dari Toyota Avanza, Rush, Town/Lite Ace dan Agya. [Ikh]


Komentar