Toyota C-HR Hybrid Dijual Rp 600 Jutaan Share this
Mobil Baru
Mode baca

Toyota C-HR Hybrid Dijual Rp 600 Jutaan

Ary Dwinoviansyah
pada 16 April 2019

JAKARTA - PT Toyota Astra Motor (TAM) dipastikan bakal meluncurkan produk barunya yaitu Toyota C-HR Hybrid. 

Setahun setelah peluncuran Toyota C-HR bensin murni, PT TAM menyatakan bakal mendatangkan pula Toyota C-HR Hybrid ke Indonesia. Hal tersebut dikonfirmasi oleh Fransiskus Soerjopranoto, Executive General Manager PT TAM kepada rekan media. 

"Iya benar, kami akan meluncurkan C-HR Hybrid pada 22 April 2019 nanti," kata pria yang akrab disapa Soerjo di bilangan Jakarta Pusat, Senin (15/4). 

Menurutnya, hal ini dilakukan sebagai langkah mendukung program elektrifikasi oleh pemerintah. Meskipun, kenyataannya insentif terkait dengan penggunaan kendaraan dengan energi terbarukan belum diputuskan. 

"Dari blueprint Kemenperin RI (Kementerian Perindustrian Republik Indonesia), sudah ditetapkan bahwa elektrifikasi mulai dari sepedamotor dulu. Setelah itu, baru roda empat. Jadi, kami harus sudah menyiapkan dan tidak perlu menunggu policy. Kalau dilihat, kami juga sudah mengenalkan mobil hybrid (Prius Hybrid) beberapa tahun lalu," papar Soerjo.

Bicara soal produk, Toyota C-HR Hybrid kabarnya juga didatangkan dari Thailand. Hanya saja, harga yang akan ditawarkan lebih mahal ketimbang C-HR bensin. Soerjo mengatakan kisaran harga Toyota C-HR Hybrid diantara Rp 500-600 juta. Namun, untuk harga pastinya baru akan diinformasikan pekan depan saat peluncuran. 

Jika berbasis kepada Toyota C-HR Hybrid versi Thailand, crossover ini mengandalkan mesin DOHC 4 silinder 16 valve berkapasitas 1.800 cc. Jantung pacu tersebut dikombinasikan dengan pengaplikasian motor generator berkapasitas 600 volt. 

Sementara jika tenaga mesin dan motor listrik digabungkan, maka Toyota C-HR Hybrid ini mapu mengeluarkan tenaga hingga 122 hp yang disalurkan melalui transmisi E-CVT. Pada tubuhnya juga terdapat baterai jenis Nickel-metal Hydride berdaya 201,6 volt. 

Selain itu, beberapa fitur keselamatan pada C-HR Hybrid juga lebih banyak daripada versi bensin. Bisa dilihat pada varian teratasnya yaitu HV Hi di mana mobil ini sudah mendapatkan fitur seperti BSM (Blind Spot Monitor), RCTA (Rear Cross Traffic Alert), PCS (Pre-collision System), Cruise Control dengan sistem radar, AHB (Auto High Beams), LDA (Lande Departure Alert), VSW (Vehicle Sway Warning dan sistem navigasi. [Ary/Ari]


Komentar