Toyota C-HR Lawan Tangguh untuk Nissan Juke dan Honda HR-V Share this
Mobil Baru
Mode baca

Toyota C-HR Lawan Tangguh untuk Nissan Juke dan Honda HR-V

Syubhan Akib
oleh Syubhan Akib
pada 02 Maret 2016

GENEVA - Setelah dinanti, Toyota C-HR versi produksi akhirnya resmi diluncurkan Toyota di Geneva Motor Show 2016. Inilah lawan bagi Nissan Juke dan Honda HR-V.

Memang terkesan telat. Tapi Toyota mengaku butuh waktu dua tahun untuk merasa yakin kalau Toyota C-HR pantas diproduksi massal sejak konsep mobilnya mejeng di Paris Motor Show 2014.

Kehadiran crossver itu di Geneva Motor Show yang tengah berlangsung sebagai tanda keseriusan Toyota untuk menjegal lawan-lawannya seperti Honda HR-V, Ford EcoSport.

Eksterior Toyota C-HR menerapkan LED Daytime Running Lights. Bentuk lampu depan cukup unik dengan konsep menyipit. DNA sporty tertanam kuat pada bagian luar crossover ini, mulai dari bumper, roda, hingga body samping.

Toyota menjelaskan mobil ini merupakan hasil kerjasama dunia dari tiga benua dan dikembangkan oleh PCD (Project Chief Designer) Kazuhiko Isawa di kantor pusat. Sementara desain eksterior dibuat oleh Calty, studio desain di California.

Menariknya, Toyota menyediakan varian 1.8-liter dengan motor listrik (hybrid drive) demi meningkatkan pengalaman berkendara sempurna di perkotaan maupun luar kota tanpa menghilangkan efisiensi bahan bakar minyak (BBM) di segmen crossover.

Toyota C-HR juga akan tersedia dalam mesin baru kapasitas 1.2-liter turbo tenaga 115 hp (dimiliki Toyota Auris). Mesin ini menyediakan transmisi manual 6-speed atau CVT (Continuously Variable automatic Transmission system). Di samping itu akan tersedia mesin kapasitas 2.0-liter dengan transmisi CVT untuk sejumlah negara.

Dilengkapi berbagai fitur standar keselamatan terdepan di kelasnya seperti Pre-Collision system, Lane Departure Alert, Road Sign Assist, Automatic Highbeam, serta Pedestrian Detection dan Adaptive Cruise Control.

Crossover ini dikembangkan berdasarkan fleksibilitas Toyota new global architecture (TNGA) dengan tiga inti pengembangan utama meliputi desain, powertrain dan dinamika.

Bagi para pecinta Toyota, bersiaplah karena mobil ini akan diproduksi dalam waktu dekat di pabrik Toyota Motor Manufacturing Turkey (TMMT) di Sakarya, Turki. [Ikh/Idr]


Komentar