Tips Mencuci Mobil Hybrid Share this
Tips
Mode baca

Tips Mencuci Mobil Hybrid

Adi Hidayat
pada 24 Februari 2017

Foto: Mencuci mobil hybrid tidaklah mudah

JAKARTA – Mobil hybrid membutuhkan perawatan lebih bahkan untuk mencucinya saja tidak boleh sembarangan.

Mencuci mobil hingga kebagian mesin merupakan salah satu perawatan yang sudah biasa dilakukan. Namun, mencuci mobil ternyata tidak bisa sembarangan apalagi bila mobil yang dicuci adalah mobil berteknologi hybrid. Salah sedikit, bukannya bersih mobil malah rusak.

Lantas, bagaimana cara mencuci mobil hybrid yang aman? Gandi Ahimsaputra, Product Knowladge PT Toyota Astra Mobil (TAM) menyatakan, bahwa mencuci mobil berteknologi hybrid sebaiknya tidak sampai ke bagian mesin.

“Jangankan mobil hybrid, untuk mencuci mesin mobil biasa pun harus diperhatikan bagian-bagian yang tidak boleh kena air. Tidak bisa main semprot air, apalagi mobil dengan teknologi hybrid. Ada beberapa kabel yang sama sekali tidak boleh terkena air,” ungkap Gandi.

Untuk itu, Ia menyarankan pemilik yang ingin membersihkan mesin, sebaiknya cukup dengan mengelapnya saja tanpa harus dengan menyiram dengan air secara langsung. Tak hanya itu, Ia juga tidak menyarankan untuk mencuci kolong mobil hybrid.

Hal ini untuk menghindari adanya air masuk ke komponen penting seperti baterai sehingga menyebabkan baterai tidak berfungsi.

“Tapi secara keseluruhan, merawat mobil hybrid sebenarnya lebih mudah. Karena mesin tidak bekerja terus menerus tapi bisa dibantu dengan motor listrik yang telah sematkan,” pungkas Gandi.

Jika Anda dapat melakukan cara-cara tersebut, mobil berteknologi hybrid dijamin terus dalam kondisi prima. [Adi/Ikh]


Komentar