Teknologi New Volvo XC60 untuk Menghindari Maut Share this

Teknologi New Volvo XC60 untuk Menghindari Maut

Amos Arya
oleh Amos Arya
pada 01 Maret 2017

Foto: Automatically Steer melengkapi new Volvo XC60

GOTHENBURG - New Volvo XC60 akan terungkap di Geneva Motor Show, berlangsung mulai 9 - 19 Maret 2017. Nantinya, compact crossover SUV itu tak hanya menawarkan desain baru pada eksterior dan interior, juga menampilkan fitur keselamatan baru.

Volvo Cars akan mengungkap new XC60 yang dilengkapi fitur keselamatan Automatically Steer. Fitur anyar tersebut diakui Volvo bisa menghindari mobil dari kecelakaan yang diakibatkan ketidakwaspadaan pengendara.

Automatically Steer dirancang untuk membantu pengemudi menghindari tabrakan dengan mobil yang berada di depan, bahkan fitur ini mampu bekerja otomatis agar mobil tidak keluar jalur melalui radar dan sensor kamera. Volvo Cars percaya, fitur baru ini akan membuat new Volvo XC60 salah satu kendaraan paling aman di jalan.

"Kami telah bekerja dengan collision avoidance systems (sistem menghindari tabrakan) selama bertahun-tahun dan kami melihat efek positifnya. Di Swedia, kami telah melihat adanya penurunan kecelakaan dari depan sebanyak 46 persen berkat collision avoidance systems dan autobrake system. Dengan new XC60, kami bertekad untuk meningkatkan keselamatan penghuni kabin dengan adanya Automatically Steer," kata Malin Ekholm, Senior Director Volvo Cars' Safety Centre.

Sementara itu, fitur City Safety yang tersimpan pada new XC60 telah dikembangkan lebih maksimal untuk mengantisipasi pengemudi ketika dalam kondisi tidak siap. Fitur ini tidak hanya memberikan peringatan, namun langsung mengkoreksi agar kendaraan berada di jalur yang tepat. Fitur ini akan aktif antara 50-100 kpj.

Volvo Cars juga menambahkan sistem bantuan Oncoming Lane Mitigation, di mana mampu membantu pengemudi untuk menghindari tabrakan dengan kendaraan yang mendekat dari arah samping belakang.

Sistem ini bekerja dengan memperingati sopir yang tanpa disadari mobilnya telah keluar jalur. OLM juga akan bekerja otomatis mengembalikan posisi kendaraan ke jalurnya. Teknologi masa depan ini dijelaskan Volvo Cars akan bekerja antara 60-140 kpj.

"Ketiga fitur baru ini merupakan langkah yang jelas dari kami untuk menghasilkan kendaraan bergerak otomatis (otonom) sepenuhnya di dunia," ucap Malin.

Fitur-fitur keselamatan itu sebagai pendekatan strategis Volvo kepada konsumen di dunia di mana untuk menurunkan angka kecelakaan di jalan. Visi Volvo sendiri adalah tidak ada kematian atau terluka parah di dalam mobil Volvo pada 2020. [Ikh/Ikh]


Komentar