Shell Spirax S5 ATF X, Pelumas Transmisi Otomatis Non CVT Share this
Berita Mobil
Mode baca

Shell Spirax S5 ATF X, Pelumas Transmisi Otomatis Non CVT

Ary Dwinoviansyah
oleh Ary Dwinoviansyah
pada 20 Maret 2018

JAKARTA - Shell Spirax S5 ATF X merupakan pelumas transmisi otomatis khusus mobil. Namun memiliki catatan, tidak semua semua mobil bisa menggunakannya karena tidak cocok untuk transmisi otomatis CVT.

Shell Lubricants Indonesia kembali menambah jajaran produk pelumasnya di Tanah Air. Kali ini, mereka menghadirkan produk pelumas transmisi bernama Shell Spirax S5 ATF X.

Bagi Shell Indonesia, ini merupakan wujud dari komitmennya mengikuti kebutuhan dan perkembangan teknologi pada transmisi mobil dari manual ke otomatis.

Shell Spirax S5 ATF X diracik menggunakan basis oli sintetik. Dengan begitu, kebutuhan pelumasan hingga ke bagian gear ratio bisa terpenuhi secara maksimal.

"Oli untuk transmisi mobil otomatis itu sebaiknya menggunakan jenis oli sintetik agar bisa melumasi hingga ke gigi rasio," kata Shofwatuzzaki, B2C Lubricants Technical Manager PT Shell Indonesia.

Shell Spirax S5 ATF X dijual dengan HET Rp 78.000

Mutiarini selaku Senior Marketing Manager PT Shell Indonesia menambahkan bahwa jenis oli sintetik akan mempengaruhi usia pakai dari transmisi mobil tersebut.

"Base oli synthetic memiliki keunggulan dalam memberikan perlindungan gigi transmisi dari korosi dan keausan. Sehingga, umur pakai komponen lebih lama. Teknologi ini juga dapat menjaga kinerja transmisi lebih stabil dalam kondisi panas sekalipun," ungkap Mutiarini saat peluncuran Shell Spirax S5 ATF X, di bilangan Jakarta Pusat (20/3/2018).

Shell Spirax S5 ATF X yang diformulasi dan dikembangkan oleh Shell Technology Center telah memenuhi berbagai pengesahan. Mulai dari Aisin JWS 3309 (semua aplikasi), Allison C-4, Ford MERCON® LV dan Mercon V, General Motors Dexron III-H, JASO 1-A dan 2A-02 1A untuk kendaraan Jepang dan Asia serta Toyota T-III dan T-IV.

Akan tetapi, tidak semua jenis mobil bisa menggunakan yang dikemas dalam ukuran 1 liter. Pelumas ini direkomendasikan untuk mobil otomatis jenis power shift saja. Menurut Zaki, oli ini tidak dirancang untuk perlindungan terhadap belt. Artinya, bukan untuk mobil bertransmisi CVT.

Sepertinya, alasan lain Shell juga lantaran populasi mobil bertransmisi power shift di Indonesia masih banyak ketimbang CVT. Meski begitu, pelumas ini telah memenuhi persyaratan dari produsen kendaraan Asia, Eropa dan Amerika serta menjadi pelumas yang direkomendasikan untuk jenis mobil Sedan, Sport Utility Vehicle (SUV) dan Multi Purpose Vehicle (MPV).

Shell Indonesia berharap kehadiran pelumas transmisi ini bisa menjawab kebutuhan pengguna mobil otomatis di Indonesia. Shell Spirax S5 ATF X dijual dengan harga eceran tertinggi (HET) Rp 78.000 dan sudah bisa didapatkan di bengkel rekanan, outlet shop & Drive dan juga SPBU Shell di seluruh Indonesia.[Ary/Ari]


Komentar