Restorasi Toyota Hardtop Kembalikan Pesona Jip Legendaris Share this
Modifikasi
Mode baca

Restorasi Toyota Hardtop Kembalikan Pesona Jip Legendaris

Denny Basudewa
pada 09 Oktober 2018

MIAMI – Toyota Land Cruiser FJ-40 aka Toyota Hardtop kembali mempesona layaknya kendaraan baru dan menjadi mahakarya istimewa melalui tangan terampil di FJ Company.

Toyota Land Cruiser memang memiliki sejarah panjang di seluruh penjuru muka bumi. Mobil buatan Jepang tersebut terus berkembang biak dan mendapat popularitas cukup pesat hingga saat ini. Varian dari Land Cruiser sendiri juga terus mengalami pengembangan.

Toyota Land Cruiser FJ series pertama kali masuk ke Indonesia pada 1960-an. Mobil ini beredar di Indonesia berkat beberapa pejabat yang memboyongnya ke sini langsung dari Jepang. SUV kokoh tersebut kemudian dijadikan kendaraan perang karena fiturnya yang dianggap mumpuni.

FJ Company merupakan rumah modifikasi asal Amerika Serikat yang mengkultuskan diri dalam merestorasi FJ Series. Tidak sedikit hasil karyanya yang mampu memuaskan konsumennya karena kualitas pekerjaannya.

Dikatakan bahwa seorang konsumen asal Kansas memesan 1 unit FJ-40 dengan balutan warna biru laut. Mobil yang dikenal dengan sebutan hardtop di Indonesia ini pada awalnya berkelir kombinasi beige dan putih.

Kendaraan berumur 36 tahun tersebut seperti disulap oleh FJ Company karena kembali mempesona. Selain itu SUV Jepang ini bahkan lebih berkilau daripada kondisi barunya puluhan tahun silam.

Menjadi lebih istimewa karena Toyota FJ-40 biru ini menggunakan mesin 1FZ yang telah mengandalkan sistem injeksi pada pembakarannya. Jantung mekanis tersebut dipersembahkan oleh Haltech yang juga mengawinkan dengan transmisi lima-percepatan manual.

Meskipun berstatus sebagai mobil lawas, Toyota Land Cruiser FJ-40 mengusung beberapa komponen modern seperti rem depan cakram, suspensi Old Man Emu dan guna memudahkan pengendalian kendaraan disematkan power steering.

FJ Company memang telah berhasil mengembalikan pesona Toyota Land Cruiser FJ-40 ini. Namun uang yang harus dikeluarkan konsumen untuk memiliki kendaraan ini tidak sedikit, hingga kisaran Rp 1,8 miliar.

Di Indonesia sendiri juga cukup banyak bengkel yang mengklaim mampu merestorasi kendaraan-kendaraan lawas. Salah satu karya yang cukup membanggakan adalah, Land Rover klasik yang digunakan Presiden Jokowi saat meresmikan jalan tol. [Dew/Ari]

Lebih lanjut di Otospirit
Restorasi Toyota Hardtop Kembalikan Pesona Jip Legendaris


Komentar