Resmikan Pabrik Esemka, Jokowi Jajal Model Pertamanya Share this
Berita Mobil
Mode baca

Resmikan Pabrik Esemka, Jokowi Jajal Model Pertamanya

Denny Basudewa
pada 06 September 2019

Foto: Jokowi

BOYOLALI – Presiden Republik Indonesia Joko Widodo meresmikan fasilitas pabrik Esemka di Boyolali, Jawa Tengah, hari ini (06/09).

Pabrik Esemka terletak di Desa Demangan, Kecamatan Kosambi, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah. Fasilitas ini dikelola oleh PT Solo Manufaktur Kreasi (Esemka) yang didaulat sebagai pemegang merek. Pabrik Esemka dibangun dengan luas 12.500 ribu meter persegi dan dibangun di atas lahan seluas 115 ribu meter persegi.

Presiden yang akrab disapa Jokowi ini hadir dan meresmikan pabrik Esemka ditemani Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto dan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi. Tidak hanya itu, Jokowi juga menyempatkan diri untuk mencoba model pertama dari Esemka yakni Bima.

“Keberadaan pabrik Esemka bisa menimbulkan dampak positif untuk perekonomian Indonesia, terutama Boyolali yang akan merasakan dampak paling besar. Seba itu kita semuanya harus mendukung," kata Jokowi pada sesi pidatonya.

Pabrik Esemka menelan biaya investasi sebesar Rp 600 miliar dengan kapasitas produksi mencapai 18 ribu unit per tahun. Artinya pabrik mobil tersebut mampu menghasilkan 1.500 Bima setiap bulannya atau 50 unit setiap hari.

Produk pertama yang dihasilkan dari pabrik ini berwujud kendaraan pikap dengan nama Bima. Kendaraan ini tersedia dalam dua pilihan mesin yakni 1.2-liter dan 1.3-liter. Kendaraan niaga ringan ini di pasar akan berhadapan langsung dengan produk buatan Jepang seperti Daihatsu Hi-max, Grand Max hingga Suzuki Carry. [Dew/Idr]


Komentar