Renault Kenalkan Transporter Mini Otonom Share this

Renault Kenalkan Transporter Mini Otonom

Denny Basudewa
pada 20 Mei 2019

Foto: Renault EZ-POD

PARIS – Renault EZ-POD dikembangkan sebagai kendaraan kecil yang berfungsi mengantarkan orang dan barang, tanpa adanya pengendara alias otonom.

Kebutuhan adanya moda transportasi yang kian simpel di kota-kota besar semakin meningkat. Permintaan konsumen untuk bepergian dalam jarak dekat seperti mall, kawasan perkantoran dan kampus, menjadi ikhwal dikembangkannya kendaraan satu ini.

Dikembangkan dari Renault Twizy, EZ-POD dikatakan merupakan hasil pembelajaran yang selama ini dilakukan oleh brand kendaraan asal Prancis. Renault EZ-POD diharapkan mampu memberikan pengalaman berbeda pada penggunanya di masa mendatang.

Renault EZ-POD dilengkapi dengan sebuah kamera dan Lidar (Light Detection and Ranging) pada bagian depan kendaraan. Lidar berfungsi sebagai mata pengendara untuk membaca situasi di depan kendaraan mungil ini.

Sebagai kendaraan otonom, EZ-POD juga dijejalkan radar jarak dekat hingga jauh. Mobil yang hanya mampu menampung dua orang penumpang ini juga disemati sepasang antena dan GPS pada bagian atap, guna memaksimalkan koneksi nirkabel.

Masuk ke dalam, terdapat dua buah kursi yang saling berhadapan. Mereka menggunakan jok dan lantai dengan warna cerah yang mudah dibersihkan. Mayoritas komponen kendaraan ini menggunakan material plastik dan linen.

Di dalam kabin juga disematkan layar yang dapat menginformasikan tujuan penumpang. Selain itu juga terdapat lampu LED yang dapat menampilkan ucapan selamat datang dan selamat tinggal.

“Jika kami bisa menyesuaikan kendaraan otonom di masa depan dengan kebutuhan kita saat ini. Maka apa yang kami hadirkan merupakan solusi dari moda transportasi jenis baru,” ucap Frederic, Auzas, Robo-Vehicle Program Manager Renault Group. [Dew/Idr]
 

 


Komentar