Pirelli Hadirkan Ban Pintar Bertabur Sensor Share this
Workshop
Mode baca

Pirelli Hadirkan Ban Pintar Bertabur Sensor

Denny Basudewa
pada 20 Maret 2018

Foto: Ban pintar Pirelli

GENEVA – Pirelli melakukan revolusi digital dengan menghadirkan ban mobil yang telah disematkan beberapa sensor, untuk mengetahui kondisi terkini dari alas kaki kendaraan tersebut.

Produsen ban saat ini beradu konsep untuk menghadirkan sejumlah inovasi dalam menciptakan kenyamanan berkendara. Teknologi yang digunakan tidak hanya memberikan kenyamanan dan keamanan saat perjalanan, namun memudahkan untuk melakukan perawatan.

Teknologi yang dihadirkan Pirelli adalah sebuah ban mobil pintar, dimana telah dilengkapi beberapa sensor. Nantinya sang pengguna dapat memantau kondisi terkini dari ban yang digunakan, sehingga memudahkan dalam melakukan perawatan secara periodik.

Pirelli sekaligus menawarkan aplikasi Cyber Car, untuk melakukan monitoring pada ban yang digunakan oleh para pelanggannya. Software yang telah dikenalkan pada 2002 ini, membuat ban terintegrasi secara maksimal dengan mobil dan pengendara.

Teknologi ini dikatakan telah banyak diuji oleh banyak manufaktur mobil di dunia. Bahkan lebih jauh dikatakan akan mulai dipasarkan pada akhir tahun, dengan fokus pada mobil listrik. Namun faktanya produsen ban asal Italia tersebut menyasar pasar fleet yang terus berkembang belakangan ini.

Tidak hanya menyediakan ban untuk kendaraan roda empat. Pirelli menawarkan ban pintar untuk sepedamotor dengan nama Pirelli Connesso. Alas kaki kendaraan tersebut memang diciptakan untuk commuter yang setiap hari berada di jalan raya.

Pirelli Connesso sendiri telah diluncurkan untuk pasar Amerika Serikat. Kemudian ban ini akan debut di beberapa negara penting di Eropa.

Lebih istimewa lagi Pirelli menawarkan ban mobil dengan tanda khusus pada bagian dindingnya untuk setiap manufaktur. Seluruh teknologi tersebut dipamerkan oleh Pirelli di ajang Geneva Motor Show 2018. [Dew/Ari]


Komentar