New Mercedes MBUX Tingkatkan Kenyamanan Berkendara Share this

New Mercedes MBUX Tingkatkan Kenyamanan Berkendara

Amos Arya
oleh Amos Arya
pada 11 Januari 2018

Foto: New Mercedes MBUX

LAS VEGAS - Mercedes-Benz A-Class kini telah dilengkapi dengan  MBUX terbaru sebagai fitur entertainmennya yang dipercaya dapat tingkatkan kenyamanan berkendara.

Fitur entertainment ini diklaim telah dilengkapi dengan artificial intelligent yang mampu memudahkan pengemudi dan penumpang. Mercedes akan menyediakan 3 opsi MBUX yaitu versi basic dengan dual-display 7”, versi medium dengan layar sentuh 7” dan 10,25” serta versi teratas dengan dual-display 10,25”.

Seluruh fitur entertainment ini juga memiliki resolusi hingga 1920x720 pixel dan 200 dpi yang mampu memerikan kenyamanan lebih kepada konsumen. MBUX terbaru ini kini dapat diaktifkan melalui sentuhan dan suara.

Untuk mengaktifkan melalui sentuhan, Mercedes menyediakan touch-control pada lingkar kemudi, new touchpad pada konsol tengah dengan haptic feedback dan layar sentuh. Sedangkan untuk mengaktifkan fitur entertainment melalui suara, konsumen hanya perlu memberikan perintah dengan suara normal seperti “Hey Mercedes”.

Sistem entertainment canggih ini juga telah dilengkapi dengan language assistant yang mampu mengidentifikasi suara yang dikeluarkan oleh konsumen seperti “Saya kedinginan”. Jika mendengar kata seperti itu, sistem akan mengerti dan segera menyesuaikan kondisi suhu kendaraan sesuai keinginan konsumen.

New Mercedes MBUX

“Teknologi baru haru fokus kepada cara manusia menggunakannya dan membuat hidup mereka lebih mudah. Itu kenapa kami mengkombinasikan intuisi dan operasional biasa dengan kecerdasan dan sofware pembelajaran di MBUX,” tutur Ola Kallenius, Member of the Board of Management of Daimler AG, Group Research and Mercedes-Benz Cars Development.

Selain itu, fitur entertainment ini juga dapat dikoneksikan melalui Apple CarPlay, Android Auto dan Baidu CarLife. Sistem entertainment MBUX terbaru ini juga memiliki 2 USB Ports klasik dan 1 USP Type-C untuk mempercepat pengisian daya smartphone.

New MBUX ini juga dapat menerima berbagai pesan dari Mercedes dan meneruskan pesan tersebut kepada konsumen. Hal tersebut dapat dilakukan karena Mercedes memaksimalkan virtual key di setiap smarphone sehingga dapat dengan mudah memantau kondisi kendaraan.

New Mercedes MBUX

Sedangkan untuk hardwarenya, sistem new MBUX memiliki RAM 8GB, six-core CPU dan 2 graphics chips NVIDIA. Dan untuk sistem operasinya menggunakan Linux guna memaksimalkan kinerja sistem.

Fitur entertainment ini dipastikan akan disematkan dalam setiap model compact dan tentunya new Mercedes-Benz A-Class. [Amo/Ari]


Komentar