New Mercedes-Benz A-Class 2018 Tampil Agresif dan Modern Share this
Mobil Baru
Mode baca

New Mercedes-Benz A-Class 2018 Tampil Agresif dan Modern

Ary Dwinoviansyah
oleh Ary Dwinoviansyah
pada 05 Februari 2018

Foto: Mercedes-Benz A-Class 2018

GENEWA - Mercedes-Benz A-Class 2018 tampil dengan sederet perubahan signifikan dari pendahulunya. Selain desain yang kian agresif, hatchback ini juga tampak semakin modern.

Generasi terbaru Mercedes-Benz akhirnya dirilis di Geneva Motor Show, Swiss (2/3/2018). Menganut pada filosofi desain mereka, A-Class anyar kini mengadopsi desain sensual purity. Serupa dengan gaya desain dari Mercedes-Benz all-new CLS.

Sosok A-Class kini lebih agresif yang ditandai dengan kap mesin rendah. Dibandingkan pendahulunya, versi terbaru ini lebih dinamis. Apalagi, terdapat paduan lampu LED dan DRL dengan elemen krom di bagian mukanya.

Mercedes-Benz A-Class 2018 Mercedes-Benz A-Class 2018 menggunakan Velg 19 inchi

Ukuran roda Mercedes-Benz A Class juga berbeda. Jika sebelumnya mengandalkan lingkar roda 16 inchi, maka kali ini pihak pabrikan memilih roda berukuran 19 inchi. Jika dilihat dari belakang, tubuh A-Class 2018 pun semakin kekar dengan kedua lampu yang ramping.

Masuk ke bagian dalam, pusat informasi kendaraan dan fitur untuk A-Class terintegrasi dalam satu panel yang memanjang. Menariknya, produsen Jerman menyematkan fitur multimedia terbaru bernama MBUX. Di sini lah terdapat berbagai teknologi mulai dari Artificial Intelligence, Car-to-X communication, Vehicle Tracker dan aplikasi Mercedes Me.

Interior Mercedes-benz A-Class 2018

Masih di bagian dalam, kapasitas ruang penyimpanan Mercedes-Benz A-Class 2018 juga lebih banyak 29 liter dari versi terdahulu. Tidak hanya itu, pihak pabrikan juga akan membuat pemiliknya lebih nyaman. Itu karena adanya fitur jok pemijat. Namun, ini hanya diberikan pada jok bagian depan saja.

Beralih ke sektor performa, Mercedes-Benz A-Class hadir dalam tiga pilan mesin. Dua mesin bensin (A 200 dan A 250) serta versi diesel yang diberi kode A 180.

Mercedes-Benz A-Class A 200 menggunakan mesin 1.4 liter turbo empat silinder bertenaga 160 Hp dengan torsi 250 Nm. Akselerasinya dari 0-100 km/jam rata-rata 8 detik. Mercedes-Benz varian dengan mesin ini memiliki konsumsi BBM rata-rata 19.6 liter per kilometer (transmisi otomatis) dan 17.8 km per liter (transmisi manual).

Sedangkan A250 (mesin 2.0 liter, empat silinder) sanggup menyalurkan tenaga penuh sebesar 221 Hp dan torsi 350 Nm. Tentu saja kemampuan versi ini lebih baik karena klaim catatan akselerasinya dari 0-100 km/jam bisa ditempuh dalam 6,2 detik dengan rata-rata konsumsi BBM 16 km per liter.

Sementara itu, pilihan mesin diesel empat silinder berkapasitas 1.5 liter mampu menyemburkan tenaga 114 Hp berserta torsi 260 Nm. Akselerasinya 0-100 km/jam diklaim dapat ditempuh dalam 10.5 detik dan memiliki konsumsi BBM rata-rata 24 km per liter.

Untuk diketahui, Mercedes-Benz menyandingkan ketiga mesin di atas dengan menggunakan gearboks 7G-DTC.

Mercedes-benz A-Class 2018 rencananya akan mulai dijual bulan depan di kawasan Eropa. Konsumen juga bisa memilih varian bertransmisi all-wheel-drive 4Matic beserta sistem suspensi dan sistem peredam yang disediakan pabrikan.

Dengan penampilan barunya ini, Mercedes-benz A-Class diyakini bisa bersaing dengan rival seperti BMW Seri 1, Audi A3, Infiniti Q30 dan Volvo V40. [Ary/Ari]


Komentar