New Kia Rio 2021, Siap Tantang Yaris dan Jazz Share this
Mobil Baru
Mode baca

New Kia Rio 2021, Siap Tantang Yaris dan Jazz

Ahmad  Richad
pada 28 Mei 2020

Foto: Kia Rio Facelift 2021

FRANKFURT - Kia Motors meluncurkan new Kia Rio 2021 hasil facelift. Small hatchback ini mengalami beberapa pembaharuan termasuk pada bagian dapur pacunya.

Secara desain eksterior, hatchback Rio generasi keempat ini terlihat tidak banyak mengalami banyak ubahan dari versi pendahulunya, hanya bagian wajahnya sedikit disegarkan. Kia Motors masih mempertahankan ikon grille ‘tiger-nose’ namun kini lebih dipersempit untuk penampilan kesan yang lebih tajam.

Selain itu, komposisi bumper dibuat seakan lebih rendah dan lebar, sekaligus agresif dengan sudut-sudut tajam. Saat ini seluruh varian dibekali penerangan full LED berikut running lights, dengan velg berukuran 16 inci.

Beralih ke sisi interior, Kia Rio terbaru mendapatkan kabin yang telah diperbaharui sepenuhnya dengan menampilkan peningkatan visual, material, dan teknologi baru. Hal yang paling menonjol adalah layar infotainment lebar 8,0 inci baru yang mendukung konektivitas Bluetooth dan smartphone. Ada juga layar instrument cluster digital 4,2 inci.

Kia Rio Facelift 2021

Untuk bagian dapur pacunya, Rio hatchback adalah mobil pertama dari Kia yang mendapatkan sumber tenaga dari powertrain mild-hybrid electric vehicle (MHEV). Powertrain ini dipadukan dengan mesin 'Smartstream' 1.0-liter T-GDi (injeksi langsung bensin turbocharged) dan sistem 48V MHEV Kia. 

Bantuan motor listrik tersebut dapat memaksimalkan efisiensi bahan bakar dengan asistensi torsi tambahan dan regenerative braking. Kia mengklaim mesin ini mampu menghasilkan output hingga 98 HP atau 118 HP dengan namun emisi CO2 bisa berkurang sampai 8 persen.

Kia juga melakukan revisi besar-besaran pada jajaran mesin bensin Smartstream mereka. Seperti mesin baru tiga silinder 1,0 liter T-GDi konvensional menghasilkan tenaga sampai 98 Hp. Girboks manual enam percepatan atau DCT tujuh percepatan bertugas sebagai penyalur daya. Dan ada mesin naturally aspirated 1,2 liter yang memberikan output sebesar 82 HP.

Rio juga mendapat upgrade untuk sistem keamanan, seperti Forward Collision-Avoidance Assist (FCA) yang bisa mengenali pejalan kaki, mobil, dan pengendara sepeda. Ada juga fitur Lane Keeping Assist (LKA), Driver Attention Warning (DAW), dan Blind-Spot Collision Warning (BCW).

Sebagai informasi, Kia Rio  2021 ini akan mulai dijual di seluruh Eropa pada kuartal ketiga 2020, dengan garansi 7-tahun atau 150.000 km sebagai standar. [Ric/Idr]


Komentar