Kia Stinger 2018 Tantang Sedan Jerman Share this
Mobil Baru
Mode baca

Kia Stinger 2018 Tantang Sedan Jerman

Muhammad Ikhsan
oleh Muhammad Ikhsan
pada 09 Januari 2017

Foto: Kia Stinger 2018

DETROIT - Anda bosan dengan sedan asal Jerman? Bisa pilih Kia Stinger 2018 yang kini sedang debut di dunia North American International Auto Show 2017 (8-22 Januari).

Kia Stinger adalah sports sedan dengan daya tampung lima-penumpang dewasa yang berperforma tinggi dalam sejarah perusahaan Kia. New Kia Stinger sendiri mendefinisikan kualitas dan teknologi serta hasil rancang bangun terbaik dari Kia Motors.

Model konsepnya pertama kali muncul pada Frankfurt Auto Show 2011 dengan nama GT concept, dan selanjutnya pada acara Detroit Auto Show 2014 konsep mobilnya kembali memukau di mana dijuluki Stinger GT4.

Menurut rencana, mobil akan mulai dijual di AS akhir tahun ini berikut harganya akan diumumkan beriringan peluncuran resmi Kia Stinger.

"Tidak seperti mobil Kia lain, Stinger benar-benar adalah mobil impian bagi kami dan hadir di Detroit. Mimpi itu sekarang menjadi kenyataan setelah bertahun-tahun komitmen dan kerja keras dari kami," kata Orth Hedrick, vice president, product planning, Kia Motors America.

Klaim Kia, Kia Stinger menjalani ujicoba di berbagai lokasi dan kondisi cuaca termasuk sirkuit paling legendaris, Nurburgring. Desainnya sendiri hasil tangan dingin desainer kawakan Peter Schreyer. Ia telah meluangkan banyak waktunya guna menguak aura kemewahan bercampur sporty pada eksterior mobil ini. Desain eksteriornya punya lekukan aerodinamis yang tak luput dari ide segar mantan desainer mobil-mobil Eropa itu.

Jika Anda lihat bagian depan mobil masih menggunakan ciri khas mobil-mobil Kia yaitu grille 'Tiger Nose'. Selanjutnya grille itu diapit dengan dua lampu LED. Penampilan depan kian perkasa dengan bumper lebar dengan kisi-kisi di bagian samping.

Kia Stinger 2018 memiliki wheelbase 2,9 meter atau lebih panjang dari Audi A4, Infiniti Q50, Lexus IS, BMW 4 Gran Coupe bahkan Lexus GS dan Mercedes-Benz CLS1. Sementara panjang dan lebarnya masing-masing 4,8 meter dan 1,8 meter, di mana diakui jauh lebih besar di segmennya. Dengan begitu ruang bagasinya cukup untuk menempatkan tas golf.

Kia menyediakan dua pilihan mesin yaitu 2.0-liter turbocharge empat-silinder Theta II memproduksi tenaga 255 hp pada 6.200 rpm dan torsi 260 lb.-ft mulai 1.400 – 4.000 rpm. Untuk mesin kedua yaitu 3.3-liter twin-turbo V6 Lambda II melontarkan tenaga 365 hp estimasi mulai 6.000 rpm dan torsinya mencapai  376 lb.-ft mulai 1.300 – 4.500 rpm. Kia menargetkan bergerak dari 0-100 kpj dalam hitungan waktu 5,1 detik untuk mesin 3.3-liter twin-turbo V6.

Stinger 2.0-liter akan menggunakan lingkar roda 225/45R-18, sementara tipe 3.3-liter V6 mengenakan ban ultra-performa 225/40R-19 di depan dan 255/35R-19 di belakang.

Dibuat untuk menjegal mobil-mobil Eropa, para insiyur Kia menyimpan berbagai teknologi keselamatan andalan seperti new Driver Attention Alert (DAA)4, atau sebuah sistem peringatan jika pengemudi merasa mengantuk, Forward Collision Assistance (FCA) dengan terintegrasi Autonomous Emergency Braking (AEB) untuk mendeteksi pejalan kaki.

Di samping itu tersedia teknologi Advanced Smart Cruise Control (ASCC) untuk menjaga jarak dengan kendaraan di depan. Itu belum termasuk Lane Keep Assist (LKA)33, Rear Cross Traffic Alert (RCTA).

Masuk ke interior, Anda akan menemukan jok berbalut kulit berkualitas, sistem audio Harman Kardon daya output 720 watt yang disalurkan pada 15 speaker aktif termasuk dua subwoofer tersimpan di bawah jok pengemudi dan penumpang. Hasilnya mampu memberikan suara yang jelas, halus dan detail. [Ikh]

Lebih lanjut di Otospirit
Kia Stinger 2018 Tantang Sedan Jerman


Komentar