Performa Kia Stinger Luar Biasa Share this
Mobil Baru
Mode baca

Performa Kia Stinger Luar Biasa

Amos Arya
oleh Amos Arya
pada 27 Juni 2017

Foto: Kia Stinger di sirkuit Nurburgring

NURBURGRING - Kia Stinger telah melalui tahap uji coba terakhir sebelum dikenalkan dan dipasarkan pada akhir tahun ini.

Kia terlihat sangat serius dalam melakukan uji coba sedan GT andalannya. Kia Stinger telah diuji di jalan perkotaan dan sirkuit guna memastikan performa, keandalan dan kecanggihan sesuai dengan desain yang dinamis.

Dikenalkan dalam rupa mobil konsep di North American International Auto Show 2017, Stinger telah membuat impresi tersendiri. Hadir dengan desain fastback, gran turismo Kia ini menawarkan aerodinamis terbaik.

Sisi aerodinamis mobil ini telah teruji kualitasnya oleh tim R&D Centre Kia Frankfurt. Grille depan, air intake, lingkar roda, diffuser, spoiler dan atap telah didesain sedemikian rupa guna memberikan tampilan serta sistem aerodinamis terbaik.

Kia menyematkan 2 macam suspensi yaitu MacPherson struts pada bagian depan dan suspensi fully-independent multi-link pada bagian belakang. Suspensi tersebut akan beradaptasi sesuai dengan mode berkendara pilihan konsumen (Normal, Sport, Sport+).

Adanya fitur Dynamuc Stability Damping Control (DSDC) mampu membuat new GT Kia ini sangat stabil ketika bermanuver. Untuk pengendalian mobil, Stinger telah dilengkapi dengan Rack-mounted Motor-Driven Power Steering (R-MDPS).

Pada sistem pengereman, Kia Stinger dipersenjatai dengan disc brakes high-carbon Brembo 18”. Rem tersebut diyakini sangat cocok untuk menahan laju mesin 3.3-liter twin-turbo V6 yang mampu menyemburkan tenaga 364 hp dan dipadukan dengan transmisi matic 8-speed.

Bedasarkan hasil uji coba, Stinger mampu melaju 0-100 kpj hanya dalam 4,9 detik. Sebelum melakukan uji coba di sirkuit Nurburgring, Kia Stinger telah menempuh jarak total lebih dari 1,1 juta km baik itu di sirkuit dan jalan perkotaan.

Pengujian tersebut dilakukan di beberapa negara Eropa, Timur Tengah, Asia, Amerika Utara dan Amerika Selatan. Bedasarkan hasil uji coba tersebut Stinger mampu memberikan performa maksimal di berbagai cuaca dan iklim.

Rencananya Kia akan menghadirkan 3 opsi mesin bagi konsumen yaitu mesin bensin 3.3-liter twin-turbo V6, mesin bensin 2.0-liter 4-cylinder dan mesin diesel 2.2-liter.

“New Kia GT ini merupakan model gran turismo yang sebenarnya. Sebuah mobil yang nyaman digunakan dalam berkendara jauh. Tidak hanya dari sisi tenaganya saja, mobil ini juga memiliki sisi dinamis nan brutal, mewah, nyaman dan anggun. New GT ini mengusung jiwa petualang dan passion,” tutur Gregory Guillaume, Chief Designer Kia Motors Europe.

Kia Stinger telah masuk tahap produksi pada semester kedua 2017 dan akan segera dijual sebelum akhir tahun ini. Soal harganya, Kia akan mengumumkan ketika mobil ini resmi diluncurkan. [Amo/Ikh]

Lebih lanjut di Otospirit
Performa Kia Stinger Luar Biasa


Komentar