Mekanik Terbaik Honda Perang Skill di Level Asia-Oceania Share this
Berita Motor
Mode baca

Mekanik Terbaik Honda Perang Skill di Level Asia-Oceania

Ary Dwinoviansyah
oleh Ary Dwinoviansyah
pada 19 December 2018

SURABAYA - Empat mekanik terbaik AHASS (Astra Honda Authorized Service Station) di bawah naungan PT Astra Honda Motor (AHM) akan mengadu skill di Honda Asia-Oceania Motorcycle Technician Skill Contest 2018.

Pada hajatan yang akan berlangsung di MPM Learning Center di Sidoarjo, Jawa Timur (19-20/12) nanti, sebanyak 23 teknisi sepedamotor Honda dari 8 negara termasuk Indonesia bakal bersaing menjadi yang terbaik.

Perwakilan dari Indonesia tahun ini ada empat mekanik yang masing-masing sudah membuktikan kualitasnya di tingkat nasional. Pertama ada M Ahi Wahyuni, teknisi Daya Motora Purwakarta merupakan pemegang Kontes Teknisi Honda Nasional 2017. Kedua, ada Nispi Rohmansyah (Service Advisor dari Astra Motor Solo Baru-Sukoharjo) yang berstatus runner up di kompetisi serupa.

Namun, Nispi punya gelar lain yaitu juara pertama Service Advisor National Contest 2018. Dan, di Honda Asia-Oceania Motorcycle Technician Skill Contest 2018 nanti Keduanya akan bertarung di kategori motor reguler.

Selain itu, dua wakil lainnya bakal berjuang merebut juara di kategori big bike. Dua teknisi tersebut adalah Dodik Kuswinarno ( Mitra Pinasthika Mulia Surabaya) juara pertama Kontes Teknisi Honda Nasional kategori big bike. Terakhir ada Tedi Eka Budiana (Astra Motor Yogyakarta) selaku pemenang kedua pada kategori big bike.

Honda Asia-Oceania Motorcycle Technician Skill Contest 2018

Sebelum melangkah ke ajang bergengsi ini, keempat teknisi Honda tersebut harus melewati tahapan seleksi yang melibatkan sekitar 20 ribu teknisi dan service advisor terbaik se-Indonesia di Astra Honda Training Center (AHTC), 26-31 Juli 2018.

Setelah terpilih, mereka harus melewati tahapan try out sebagai bekal menghadapi kontes teknisi Honda terbesar se-Asia-Oceania itu. Pelatihan yang berlangsung di AHTC Jakarta dan MPM Learning Centre, Surabaya tersebut diberikan agar mereka lebih maksimal ketika berkompetisi. Mulai dari materi terkait kontes, lengkap dengan simulasi layaknya lomba seperti tes teori, praktik meja, dan pemecahan masalah.

Honda Asia-Oceania Motorcycle Technician Skill Contest 2018 menguji para teknisi dengan materi uji lengkap berupa studi kasus sepeda motor Honda. Uji teori meliputi pengetahuan mesin, rangka, kelistrikan dan teknologi terbaru sepedamotor Honda. Sementara uji praktik meliputi perawatan, analisa teknis dan trouble shooting sepedamotor Honda.

"Ilmu dan pengalaman yang mereka peroleh pada kompetisi digunakan sebagai peningkatan kualitas layanan terbaik bagi konsumen sepedamotor Honda di Indonesia. Keikutsertaan mereka juga sekaligus sebagai ajang pembuktian kemampuan teknisi Honda Indonesia di ajang internasional," kata Wedijanto Widarso, General Manager Technical Service Division PT AHM.

Ia menambahkan adanya kompetisi ini dapat meningkatkan motivasi para teknisi Honda di seluruh Indonesia untuk menunjukkan skill terbaiknya dalam memberikan pelayanan purna jual terbaik ke konsumen. [Ary/Ari]


Komentar