Astra Honda Dominasi Penjulan Motor Sebesar 75 Persen

PT AHM
Honda Vario 150 eSP

SEMARANG – PT Astra Honda Motor (AHM) memastikan akan lebih agresif dan menghadirkan beragam produk baru di tahun depan.

PT AHM yang merupakan salah satu anak perusahaan PT Astra International Tbk memastikan menutup tahun ini dengan tersenyum. Hal tersebut disampaikan oleh David Budiono selaku Production, Engineering and Procurement Director PT Astra Honda Motor di acara “Workshop Wartawan Industri” di The Wujil Resort Ungaran.

“Tahun ini, total penjualan kami memang menurun tetapi market share kami meningkat. Kami sangat yakin di tahun depan semua segmen yang kami geluti akan terus bertumbuh. Di tahun depan kami tetap akan fokus di segmen sepedamotor matic,” tutur David.

Hingga Oktober 2017, PT AHM berhasil membukukan market share hingga 74,7 persen dengan total penjualan mencapai 3.673.452 unit. Pencapaian tersebut membuat produsen motor asal Jepang ini yakin dapat meningkatkan market share hingga 75 persen.

Meski pasar sepedamotor sedang mengalami penurunan selama 3 tahun terakhir, produk-produk Honda diklaim tetap menjadi pilihan utama masyarakat Indonesia. Bahkan pihak AHM menjamin 7 dari 10 konsumen telah memilih sepedamotor Honda.

“Kami masih menjadi partner berkendara bagi masyarakat Indonesia. Kami semakin positif menyambut tahun depan,” tambah David.

Di tahun depan, PT AHM memastikan akan meluncurkan beberapa produk baru andalannya. Beberapa tipe baru motor Honda juga akan dikembangkan dan disesuaikan dengan kebutuhan konsumen Indonesia.

Berdasarkan data AISI, produk-produk Honda terlaris yaitu BeAT series, Vario series dan Scoopy series. Ketiga model tersebut berhasil membius konsumen Indonesia baik itu dari segi desain, teknologi dan harga yang terjangkau.

Sebagai perbandingan, berikut data market share APM roda dua Indonesia periode Januari-Oktober 2017.

Brand

Total Unit Terjual

Persentase

Honda

3.673.452

74,7%

Yamaha

735.503

22,6%

Kawasaki

66.910

1,4%

Suzuki

66.276

1,3%

TVS

1.047

0,0%

[Amo/Ikh]