Mesin Mazda Skyactiv-X akan Tersimpan Teknologi Supercharger Listrik Share this

Mesin Mazda Skyactiv-X akan Tersimpan Teknologi Supercharger Listrik

Denny Basudewa
pada 24 Agustus 2017

Foto: Mesin Mazda berteknologi Skyactiv-X

HIROSHIMA – Mazda mematenkan teknologi mesin baru yang menggunakan dua turbo dan supercharger listrik.

Klaim perusahaan asal Jepang itu, teknologi dimaksud menjamin tenaga maksimal di setiap putaran mesin.

Setelah sukses dengan mesin berteknologi Skyactiv-G, Mazda Motor Corporation (MMC) kini menciptakan mesin generasi terbaru yakni Skyactiv-X, yang kabarnya mesin tersebut akan menyuguhkan dua turbo dan supercharger listrik.

Jantung penggerak kendaraan ini sebenarnya pernah diterapkan Volvo. Kala itu produsen mobil asal Swedia tersebut menciptakan mesin 2.0-liter empat-silinder dengan menggunakan tiga turbo dengan komposisi dua buah turbocharger dan satu turbocharger elektrik.

Sementara Mazda mematenkan teknologi baru bernama Skyactiv-X milik mereka dengan cara kerja mirip mesin Volvo. Apa yang dilakukan Mazda kali ini dikatakan untuk meminimalisir gejala turbo lag, namun mampu memberikan tenaga lebih besar dengan range lebar.

Menjadi menarik adalah teknologi baru ini tidak menutup kemungkinan akan digunakan untuk kendaraan berpenggak roda belakang. Ini mengingatkan kita dengan sports car Mazda yakni Miata. Namun yang jelas bahwa mesin itu pertama kali akan tersimpan pada generasi terbaru Mazda3.

Dengan menggunakan teknologi baru tersebut, bukan tidak mungkin akan mengalahkan kepopuleran mesin rotari Mazda yang legendaris.

Skyactiv-X juga dikatakan lebih efisien dalam penggunaan bahan bakar. Sayangnya pihak Mazda belum mengumumkan kapan realisasi mesin tersebut. Mereka baru mematenkan teknologinya tanpa kepastian dari penggunaan tenaga penggerak kendaraan tersebut. [Dew/Ikh]


Komentar